Warna-Warni Indonesia
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

Kemendag Ancam Cabut Izin Pedagang Langgar HET Beras

JAKARTA (!) – Setelah diberi tenggat waktu kepada para pedagang, Kemendag mulai Senin (25/9) melakukan pengawasan harga eceran tertinggi (HET) yang diterapkan oleh para pedagang beras berskala besar.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan kebijakan HET beras belum sepenuhnya dilaksanakan pedagang besar karena alasan menghabiskan persedian lama.

Meski demikian, Kemendag memahami kondisi pedagang yang meminta jeda waktu, sehingga persedian beras yang lama habis.

“Namun, jika hingga batas toleransi waktu yang diberikan pemerintah tersebut HET beras tidak juga diterapkan, maka pemerintah akan memberikan peringatan hingga memberlakukan pencabutan izin usaha para pedagang besar tersebut,” tutur Enggartiasto.

Enggartiasto mengemukakan, ketetapan harga eceran tertinggi (HET) beras tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan nomor 57 tahun 2017 yang berlaku efektif sejak 18 September 2017.

Enggartiasto menjelaskan, Kemendag akan melakukan inspeksi dengan didampingi oleh Satgas (Satuan Gugus Tugas) dengan menginformasikan kepada kepala dinas perdagangan di kabupaten, kota, provinsi bahwa Permendag 57/2017 tersebut sudah mulai diberlakukan.

Sementara itu, para pedagang besar tersebut berkomitmen untuk mematuhi peraturan pemerintah tersebut. Kendati demikian, Kemendag akan tetap melakukan pengawasan terhadap pemberlakuan HET beras ini.

Lindungi Konsumen

Enggartiasto menegaskan, penerapan HET beras ini dilakukan untuk melindungi konsumen dari tindakan sewenang-wenangan para pelaku usaha atau pedagang dengan memasang harga tinggi.

Karena itu, Enggartiasto berharap agar seluruh lapisan masyarakat dapat memahami dan melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan, khususnya bagi para pedagang besar.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com