Kapolri: Ada Dua Kendala dalam Kasus Viktor Laiskodat  

3

JAKARTA (!) – Kapolri Jenderal Pol Prof.H. Muhammad Tito Karnavian menyebutkan terdapat dua kendala dalam menangani kasus politikus Partai Nasdem Viktor Laiskodat terkait ujaran kebencian.

Kendala tersebut yaitu masalah bahasa dan menyangkut profesi Viktor sebagai anggota DPR.

“Kasus Viktor Laiskodat bukan tidak jalan. Saya sudah cek langsung. Sudah diperiksa dan sudah gelar perkara,” kata Tito Karnavian saat memberikan keterangannya di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan. Rabu (29/11).

Tito juga menyatakan saksi-saksi menyangkut dengan kasus ujaran kebencian yang dilakukan Viktor sudah diperiksa oleh penyidik.”Saksi-saksi sudah diperiksa, cukup banyak juga. Sudah lebih dari 30 saksi ahli bahasa diperiksa,” ujar Tito Karnavian.

Menurutnya, kasus yang sedang dihadapi masih terganjal dengan masalah interpretasi bahasa. VL menggunakan bahasa lokal dapat ditafsirkan secara berbeda oleh masyarakat yang memiliki budaya yang beda.

“Ini kan soal bahasa. Bahasa itu interpretatif. Apalagi dengan menggunakan bahasa lokal di antaranya. Dengan menggunakan bahasa lokal seperti ini ada beberapa pihak tersinggung.

Kendala yang kedua menurut Tito adalah terjadi permasalahan hukum yang menyangkut profesi Viktor sebagai anggota DPR RI. Hal itu karena adanya UU MD3 pasal 224 ayat 1 yang menjelaskan setiap anggota DPR memiliki hak imunitas sehingga bebas dari dugaan tuduhan hukum ketika ia bertugas.

“Pertanyaannya adalah apakah dia dalam kapasitas menjalankan tugas ke-DPR-annya? Kalau dia menjalankan tugas maka mendapatkan hak imunitas,” kata dia.

Sebelumnya, Viktor dilaporkan atas dugaan ujaran kebencian dan permusuhan terkait pidatonya di Nusa Tenggara Timur pada 1 Agustus lalu. Pidato Viktor di NTT tersebut pun viral di dunia maya. Dalam video tersebut, Viktor diduga menuduh empat partai yaitu Gerindra, Demokrat, PKS, dan PAN mendukung adanya khilafah karena menolak Perppu Ormas. 

3 Comments
  1. … [Trackback]

    […] Find More on that Topic: tandaseru.id/2017/11/29/kapolri-ada-dua-kendala-dalam-kasus-viktor-laiskodat/ […]

  2. AssorePem says
  3. … [Trackback]

    […] Info on that Topic: tandaseru.id/2017/11/29/kapolri-ada-dua-kendala-dalam-kasus-viktor-laiskodat/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.