Kemendagri ‘Kejar Setoran’ Penerbitan KTP-EL Sebelum Rilis DPT

0

Tandaseru – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan mempercepat perekaman data kependudukan dan penerbitan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) di seluruh daerah di Tanah Air. Diharapkan, perekaman data kependudukan dan penerbitan KTP-el dapat dituntaskan sebelum penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

“Kita harus mampu,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Hadi Prabowo seusai menghadiri acara Seminar Nasional dan Musyarawarah Nasional (Munas) Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (Asdeksi), di Hotel Millenium, Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Saat ini, jelas Hadi, jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) daerah terus bergerak melakukan perekaman dan penerbitan KTP-el. Bahkan, daerah telah memetakan titik-titik mana saja penduduk di wilayahnya yang belum melakukan perekaman.

“Kita dorong untuk melakukan perekaman di beberapa tempat yang peta daerah-daerahnya yang orang-orangnya sudah kita ketahui,” kata Hadi.

Selain itu, lanjut Hadi, Kemendagri juga mendorong optimalisasi kinerja sumberdaya manusia (SDM) Dukcapil pusat dan daerah dalam menuntaskan perekaman data kependudukan dan penerbitan KTP-el. Termasuk, optimalisasi alat perekaman dan alat cetak.

Namun, sambungnya, Kemendagri juga mengimbau masyarakat untuk berperan aktif melakukan perekaman. “Jangan sampai pemerintah sudah buka loket, buka tempat, tapi masyarakatnya tidak datang,” ujarnya.

Comments are closed.