Pesan MUI Menjelang Hari Pelaksanaan Pilkada 2018

3

Tandaseru – Gelaran Pilkada di sejumlah daerah tinggal menghitung hari. Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan beberapa pesan kepada para kandidat dan masyarakat menjelang pelaksanaannya.

Wakil Ketua MUI, Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan Pilkada merupakan sarana untuk memilih kepala daerah melalui sistem pemilihan yang demokratis, langsung, umum, bebas dan rahasia.

“Diimbau kepada seluruh umat Islam untuk menggunakan hak pilihnya dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan terhormat,” ujarnya, Senin (25/6/2018).

Menurutnya, pilihlah pemimpin yang jujur, amanah, cerdas (fathonah) aspiratif dan komunikatif (tabligh). Sehingga mampu melindungi dan memberikan rasa aman masyarakat serta dapat membawa perbaikan, kemajuan dan kemaslahatan bagi seluruh masyarakat.

“Perbedaan pilihan hendaknya disikapi dengan penuh kedewasaan, saling menghormati dan saling memuliakan,” ucapnya.

Menurutnya, penting bagi bangsa ini mendahulukan kepentingan nasional di atas kepentingan kelompok dan golongan. Menjunjung tinggi semangat persaudaraan, persatuan dan kesatuan.

Selanjutnya, ia berpesan para penyelenggara Pemilukada wajib bersikap jujur, adil dan profesional agar dapat terselenggara Pemilukada yang tertib, aman, damai dan bermartabat. Sehingga rakyat dapat menggunakan hak pilihnya dengan penuh kesadaran, gembira tanpa adanya tekanan dan paksaan.

Comments are closed.