Anies Siagakan 1.400 Relawan Banjir DKI

0

Tandaseru – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerjunkan 1.400 relawan banjir. Ini dilakukan mengantisipasi banjir di musim hujanl. Mereka sudah terverifikasi dan ditugaskan khusus memantau banjir.

“Melakukan monitoring antisipasi di lapangan, sekaligus memberikan early warning,” kata Gubernur DKI Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, (12/11).

Selama ini, kata dia, banyak laporan banjir diterima pihaknya. Namun hal tersebut harus diverifikasi terlebih dahulu. Tujuan diterjunkan relawan sekaligus memverifikasi hal tersebut.

Keputusan ini, kata Anies, berdasarkan evaluasi awal tahun terkait banjir. Sebab ia mengklaim banyak laporan banjir dari pihak yang tak terverifikasi. Dengan 1.400 relawan ini, Pemprov DKI diyakini tak perlu kerja dua kali.

“Laporan (relawan) itu tidak perlu kita cek ulang lagi, karena dia sudah memiliki pengetahuan informasi cara menyampaikan yang akurat,” sebutnya.

Terkait pemilihan relawan, Anies membeberkan mereka terdiri dari Ketua RT, RW, anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). Para relawan itu bagian dari masyarakat yang diseleksi menjadi pemberi kabar yang kredibel.

Metode itu, kata Anies, akan membuat runutan pelaporan banjir terkoordinasi dengan baik. Cakupannya juga menyeluruh sampai ke pelosok Jakarta. Selain itu, pihaknya juga mempercepat pembangunan drainase dan pengerukan saluran-saluran air. Untuk menunjang hal tersebut, Pemprov DKI menyiapkan lebih dari 450 pompa di titik-titik banjir.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.