Ini Penyebab Rem Motor Berdecit dan Cara Menghilangkannya

1

Tandaseru – Musim hujan telah tiba, biasanya ketika musim penghujan maka akan timbul berbagai masalah pada kendaraan, salah satunya adalah suara berdecit pada rem motor.

Menurut Asep salah satu mekanik AHASS Pos Pengumben, Jakarta Barat, bunyi berdecit bisa dikarenakan debu yang menempel pada cakram atau tromol tersiram air hujan.

Selain itu, decitan pada rem menurutnya juga bisa disebabkan akibat kondisi kanvas rem yang sudah mulai habis.

Nah, kalau kondisi ini didiamkan akibatnya kinerja rem akan terganggu dan berpotensi membahayakan si pengendara itu sendiri.

Oleh karena itu, pengguna motor harus melakukan pengecekan sekaligus membersihkan cakram dan tromol motornya. Berikut ini tips menghilangkan suara berdecit pada rem motor.

Pertama dengan melihat indikator keausan kanvas, apabila indikator sudah hilang atau menipis menandakan kanvas rem telah habis dan harus segera diganti.

Kedua, jika indikator kanvas rem masih tebal cukup lakukan pembersihan kanvas rem saja dengan menggunakan amplas halus.

Ketiga, bersihkan piringan cakram dengan menggunakan air sabun terutama pada lubang-lubang pendinginnya.

Keempat, lakukan perawatan rutin dengan mengunjungi bengkel resmi serta mengganti sparepart yang telah rusak dengan sparepart original.

1 Comment
  1. … [Trackback]

    […] Find More here to that Topic: tandaseru.id/2018/11/14/ini-penyebab-rem-motor-berdecit-dan-cara-menghilangkannya/ […]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.