Polres Lumajang Bina Masyarakat Desa Perkuat Sistem Keamanan Swakarsa

1

Tandaseru – Polres Lumajang memperkuat sistem keamanan swakarsa di wilayah hukumnya sebagai langkah preventif terhadap gangguan keamanan dan meningkatkan partisipasi warga dalam menciptakan lingkungan yang kondusif.

Untuk itu, Tim Satuan Binmas Polres Lumajang membentuk awak siskamling di sejumlah desa. Beberapa hari lalu, tim menyambangi wilayah Kecamatan Klakah, dilanjutkan kunjungan ke Desa Pasiran, Kecamatan Pasirian pada Sabtu (8/12).

Di Desa Pasiran, warga tampak cukup antusias menyambut kunjungan Tim Sat Binmas Polres Lumajang. Sekitar 200 warga mengikuti acara yang juga dihadiri tim dari Satpol PP Pemkab Lumajang.

Dalam acara ini, Kasat Binmas AKP Darminto SH menuturkan pentingnya menjaga kekompakan dalam menjaga wilayah masing masing agar tetap aman dan kondusif.

“Perlunya kesadaran warga untuk bersama-sama dan saling bahu-membahu menjaga keamanan wilayahnya, menjadi kunci agar lingkungan kita tetap terjaga kondusivitasnya” ujar Darminto saat memberikan arahan pada acara tersebut.

(istimewa)

Sesuai janjinya beberapa hari lalu, Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH turun langsung dalam kegiatan tersebut. Dia menegaskan pentingnya pembinaan awak siskamling kepada masyarakat untuk menciptakan wilayah yang kondusif.

“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada warga karena antusiasme yang cukup besar untuk datang pada acara ini. Saya berharap, setelah pembentukan awak siskamling ini, masyarakat mampu menjaga kondusivitas wilayahnya atau dengan kata lain, bapak ibu sekalian ikut mendukung siskam swakarsa,” ujar Arsal.

Dia menjelaskan, sistem keamanan swakarsa (siskam swakarsa) merupakan sistem yang mempolisikan masyarakat secara sukarela agar masyarakat mampu menangkal gangguan kamtibmas sedini mungkin.

Di akhir kegiatan, Kapolres Lumajang memberikan alat siskamling kepada Kepala Desa Pasirian untuk digunakan oleh awak siskamling di wilayahnya.

“Saya berterima kasih dengan bantuan alat dan pembentukan awak siskamling ini. Kita akan bersama-sama membantu kepolisian untuk menjaga wilayah masing-masing dari gangguan kamtibmas” ujar Kepala Desa Pasirian.

1 Comment
  1. … [Trackback]

    […] Read More here to that Topic: tandaseru.id/2018/12/09/polres-lumajang-bina-masyarakat-desa-perkuat-sistem-keamanan-swakarsa/ […]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.