Hujan-hujan Mau yang Hangat? Masak Sup Buntut Praktis ini Aja

1

Tandaseru – Masuk musim penghujan memang paling nikmat menyantap makanan yang hangat dan mengenyangkan. Salah satunya resep sup buntut praktis ini, yang bikin ketagihan!

Jika Anda tahu soal film Aruna dan Lidahnya, sajian sup buntut menjadi adegan pembuka dalam film tersebut. Tidak hanya pada film, sup buntut juga nikmat saat disantap pada musim penghujan seperti saat ini.

Kunci dari pembuatan sup buntut yang lezat terletak pada buntut sapi yang empuk dan dagingnya yang mudah terlepas dari tulang. Ingin mencoba masak sup buntut tapi tak tahu caranya? Bisa coba resep di bawah ini yang praktis dan mudah dipraktikkan.

Bahan pembuatan resep sup buntut praktis!

Persiapkan bahan sup berupa, 1 kg buntut sapi, 500 gram wortel yang dipotong-potong, 250 gram kentang yang dipotong dan dibagi empat, 2 lembar daun salam dan 2 lembar daun jeruk

Selanjutnya siapkan 1 batang sereh yang digeprek, 3 batang seledri yang diiris-iris, 3 siung bawang putih diiris-iris, 7 siung bawang merah yang diiris-iris dan 1 buah bawang bombai, iris-iris

Kemudian sediakan juga 1 buah tomat yang dipotong-potong, 1 sdt garam, 1/2 sdt kaldu bubuk, 1/2 sdt gula pasir, 1/2 sdt lada putih yang dihaluskan dan 2 sdm margarin

Sedangkan untuk bahan pelengkapnya siapkan jeruk nipis, sambal, bawang goreng dan juga emping semua sesuaikan dengan selera Anda.

Langkah memasak buntut yang baik seperti apa ya?

Langkah awal dalam resep sup buntut praktis ini adalah merebus buntut pada air mendidih selama 5 menit. Kemudian, matikan kompor sambil ditutup pancinya.

Setelah itu, diamkan sekitar 30 menit lamanya, kemudian baru dibuang airnya dan sisihkan. Selanjutnya pada panci yang lain, masak air hingga mendidih.

Kemudian masukkan buntut, daun salam, daun jeruk serta sereh. Lalu masak hingga buntutnya matang. Sementara itu, Anda panaskan margarin pada wajan, dan tumis bawang bombai, bawang merah serta bawang putih hingga matang.

Tuangkan tumisan bawang tadi dalam kuah sup, lalu aduk merata. Jika sudah, baru tambahkan wortel kentang, gula, garam, kaldu bubuk dan lada. Aduk lagi rata.

Jangan lupa untuk mengoreksi rasa. Jika sudah dirasa pas, masak hingga semua bahan matang. Sesaat sebelum sup buntut diangkat, jangan lupa tambahkan seledri dan tomat. Masak lagi sebentar, baru diangkat.

Kemudian sup buntut yang sudah siap bisa disajikan bersama sambal, jeruk nipis, emping sekaligus taburan bawang goreng. Mudah bukan resep sup buntut praktis tersebut?

3 Comments
  1. bio ethanol burner

    … [Trackback]

    […] Find More to that Topic: tandaseru.id/2019/04/18/resep-sup-buntut-praktis/ […]

  2. look at here

    … [Trackback]

    […] Find More Information here on that Topic: tandaseru.id/2019/04/18/resep-sup-buntut-praktis/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Read More to that Topic: tandaseru.id/2019/04/18/resep-sup-buntut-praktis/ […]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.