Komitmen Bilateral dan Multilateral Melalui Resepsi Diplomatik Indonesia di Wina

5

Tandaseru – Kedubes RI di Austria menggelar acara Resepsi Diplomatik di Wisma Duta Besar RI di Wina pada Kamis (5/9) sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

Di hadapan tamu undangan Duta Besar Indonesia untuk Austria Darmansjah Djumala menekankan komitmen penuh Indonesia untuk meningkatkan kerja sama bilateral maupun multilateral.

“Indonesia terus berkomitmen untuk mencapai tujuan nasional yang termaktub dalam Konstitusi, yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” kata Dubes Djumala.

Kontribusi Indonesia tersebut secara nyata diwujudkan antara lain melalui keanggotaan Indonesia di Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020 yang aktivitasnya berlangsung di New York. Sementara di kantor PBB di Wina, Indonesia juga terus berpartisipasi di berbagai forum dalam upaya mengatasi persoalan-persoalan global.

Djumala menambahkan tahun ini merupakan tahun yang istimewa bagi Indonesia. Sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia Indonesia sukses menggelar pemilu yang berskala begitu besar. Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Anggota DPR dan DPRD, dilakukan dalam satu hari, dengan 93 juta pemilih, serta 20 ribu kursi dewan yang diperebutkan oleh 245.000 kandidat.

Resepsi Diplomatik dihadiri berbagai pejabat penting, antara lain wakil Pemerintah dan anggota parlemen Austria, Dirjen UNIDO, Acting Dirjen IAEA dan pejabat teras Organisasi Internasional di Wina, para duta besar negara sahabat, kalangan akademisi, seniman, sahabat Indonesia dan diaspora Indonesia.

Para tamu disuguhi masakan tradisional Indonesia seperti rendang, sate, dan jajanan pasar. Sepanjang acara, sambil menikmati santapan para tamu dihibur dengan kolintang dan band KBRI/PTRI Wina yang menampilkan lagu-lagu tradisional dan modern yang mendapat sambutan meriah dari para undangan.

 

1 Comment
  1. เน็ต ais

    … [Trackback]

    […] Read More Info here on that Topic: tandaseru.id/2019/09/07/komiten-bilateral-dan-multilateral-melalui-resepsi-diplomatik-indonesia-di-wina/ […]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.