Selundupkan Ratusan iPhone lewat Atambua, Begini Modus Operandi WNA China Ini

6

ATAMBUA (tandaseru) – Polres Belu mengamankan seorang warga negara China yang diduga menyelundupkan ratusan iPhone dan peralatan elektronik lainnya melalui Bandara AA. Bere Tallo Atambua, Nusa Tenggara Timur.

WNA yang berinisial FH (32) itu berdomisi Distrik Ermera, Rua Gleno Vila, Timor Leste. Dia berencana terbang dari Atambua ke Kupang, setelah sebelumnya melakukan perjalanan darat dari Dili.

Dia kedapatan membawa bagasi berupa dua koper dan satu kardus yang setelah melalui pengecekan X-Ray diketahui berisi ratusan ponsel jenis Iphone berbagai jenis, USB charger, dan transmitter Wifi.

Dari hasil pemeriksaan sementara, FH mengaku mendapatkan order untuk mengambil barang dari seseorang yang dikenal melalui aplikasi chat QQ bernama Chang.

Setelah menyanggupi, pemesan tersebut memandu pelaku untuk berangkat ke Bangkok, Thailand, pada 28 Desember 2018. Setibanya di hotel Bangkok, pelaku dihubungi oleh pemesan bahwa barang yang akan dibawa sudah dititipkan di lobi hotel untuk diambil oleh pelaku.

Pada 29 Desember 2019, pelaku berangkat kembali ke Dili dengan transit di Bali dan tiba di Dili pada 30 Desember 2019.

Pemesan atas nama Chang tersebut kembali memandu pelaku untuk berangkat ke Indonesia melalui Atambua dengan membawa barang bukti tersebut.

Pelaku mencari orang yang dapat meloloskan barang tersebut dari perbatasan Timor Leste ke Atambua. Setibanya di Mota’ain, pelaku melewati pos imigrasi dan berangkat menggunakan ojek motor ke bandara Atambua.

Adapun barang pelaku dibawa dengan menggunakan mobil rental yang dikendarai Amui melalui jalur tidak resmi (jalan tikus) sampai ke bandara Atambua.

Sesampai di bandara, saat pelaku sedang check-in, barang melewati mesin X-Ray menyebabkan alarm berbunyi dan setelah dilakukan pengecekan ditemukan barang bukti ratusan handphone.

Atas perbuatannya, FH terancam hukuman minimal 1 tahun dan maksimal 10 tahun penjara karena melanggar Pasal 102 UU Nomor 17 Tahun 2006 tentang Perubahan Atas UU Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan.

4 Comments
  1. … [Trackback]

    […] Find More to that Topic: tandaseru.id/2020/01/01/selundupkan-ratusan-iphone-lewat-atambua-begini-modus-operandi-wna-china-ini/ […]

  2. … [Trackback]

    […] There you will find 61138 more Information to that Topic: tandaseru.id/2020/01/01/selundupkan-ratusan-iphone-lewat-atambua-begini-modus-operandi-wna-china-ini/ […]

  3. Find Out More

    … [Trackback]

    […] Info on that Topic: tandaseru.id/2020/01/01/selundupkan-ratusan-iphone-lewat-atambua-begini-modus-operandi-wna-china-ini/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Find More Information here on that Topic: tandaseru.id/2020/01/01/selundupkan-ratusan-iphone-lewat-atambua-begini-modus-operandi-wna-china-ini/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.