Cyber Crime Marak, Begini Tips BSSN Untuk Tangkal Phising!

0

JAKARTA (tandaseru) – Jenis kejahatan di dunia maya atau cyber crime ada banyak, salah satunya Phising. Ada tips BSSN agar terhindar dari Phising yang bisa dicoba!

Dalam acara Nasional Is Me di Binus Alam Sutra, Senin (24/2), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) membicarakan tentang kegiatan cyber crime di Indonesia

Brigjen TNI Bondan Widiawan, Direktur Pengendalian Informasi, Investigasi dan Forensik Digital BSSN mengungkapkan di tahun 2018 kurang lebih ada sekitar 230 juta serangan cyber yang terjadi di Indonesia, di tahun selanjutnya ada sekitar 296 juta yang terjadi dan malware paling besar menyerang.

Tapi bukan hanya malware, ada beragam hal yang terjadi di dunia maya. Ada banyak istilah seperti Phising atau Fishing, Farming dan juga Watering hole.

Seperti apa tips BSSN agar terhindar dari Phising?

Istilah phising adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti user ID, PIN, password dan rincian kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instant.

Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing yang artinya “memancing” bisa diartikan sebagai memancing informasi hingga soal kata sandi keuangan penggunanya.

Tandaseru/AjengTR

Biasanya phising ini dilakukan melalui e-mail spoofing atau pesan instant, dan mengarahkan pengguna untuk memasukkan rincian pada website palsu yang tampilan dan nuansanya hampir sama dengan aslinya.

“Korban bisa siapa saja, terkait dengan pishing, itu sangat erat dengan sosial engineering, makanya hack itu disebut juga art, atau hacking itu adalah seni. Seni melakukan eksplorasi bukan kemudian metode-metode yang ada bisa diterapkan begitu saja, jadi perlu adanya seni,” tutur Bondan

Jadi menurut Bondan, hacker yang bersertifikat belum tentu lebih baik dari hacker yang tidak bersertifikat. Ada banyak variasi yang bisa dipelajari dari standar yang ada, dan dipoles lagi.

1 Comment
  1. … [Trackback]

    […] Read More Information here to that Topic: tandaseru.id/2020/02/24/tips-bssn-agar-terhindar-dari-phising/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.