Pecut Warga karena Tak Gunakan Masker di Maluku, Delapan Oknum Polisi Diperiksa Propam

0

JAKARTA (tandaseru) – Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan sejumlah oknum anggota polisi yang memberi sanksi pecutan kepada warga di Pasar Mardika, Kota Ambon, Maluku pada Kamis (28/5) lantaran tidak memakai masker.

Terkait itu, Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat menyebut oknum polisi itu berjumlah delapan orang dan sudah dilakukan pemeriksaan oleh Bid Propam Polda Maluku.

“Delapan anggota diamankan dalam kasus tersebut dan saat ini menjalani pemeriksaan di Propam Polda Maluku,” kata Roem saat dihubungi, Jumat (29/5).

Roem menuturkan bahwa peristiwa tersebut terjadi ketika tim Gugus Tugas Covid-19 bersama anggota Polda Maluku tengah melakukan penertiban penerapan protokoler kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 lokasi.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah oknum anggota tersebut memberi sanksi pencutan rotan kepada masyarakat yang tidak mengenakkan masker. Padahal, kata dia, tindakan oknum anggota tersebut tidak lah dibenarkan.

“Pada kegiatan tersebut ada oknum anggota Polda yang melakukan penertiban dengan jalan memukul anggota masyarakat yang tidak menggunakan masker, dengan rotan.
Hal tersebut bukan merupakan kebijakan dari Polda maupun Gugus Tugas Covid-19, tapi itu dilakukan diluar kendali oleh Polda Maluku dan seharusnya tidak terjadi,” jelasya.

Untuk diketahui, Video berdurasi 44 detik itu diunggah oleh pemilik akun Twitter @dilaranghidup pada Kamis (28/5/2020) sekira pukul 21.42 WIB.

Dari rekaman video tersebut mulanya terlihat sejumlah oknum anggota polisi berseragam lengkap seraya membawa rotan tengah berkeliling di kawasan pasar. Sesaat mendapati pengunjung pasar yang tak mengenakan masker, oknum anggota polisi tersebut pun terlihat memberikan teguran dan sanksi pecutan rotan.

Dalam kicauannya @dilaranghidup menyebutkan bahwa peristiwa tersebut terjadi di Pasar Mardika, Kota Ambon, Maluku.

“Udah keliatan nih kerjanya ribuan aparat yang dikerahin negara!!! Ini terjadi di Pasar Malika, Kota Ambon. Cc: @Dandhy_Laksono @sandalista1789 @bilven1789 @lord_kobra @VeronicaKoman” kicau @dilaranghidup seperti dikutip suara.com, pada Jumat (29/5/2020).

“Ralat: Pasar Mardika, Kota Ambon,” sambungnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.