Warna-Warni Indonesia

Black Box FDR Sriwijaya Air SJ182 Ditemukan, Rekaman Kokpit Masih Dicari

JAKARTA (tandaseru.id) – Tim SAR gabungan telah menemukan balck box tipe Flight Data Recorder (FDR) atau boks yang menyimpan soal data penerbangan pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada Selasa (12/1).

Namun, Hadi mengatakan pencarian VCR menemui kendala, karena underwater acoustic beacon (ACB) atau alat yang memancarkan sinyal dan harusnya menempel pada VCR terlepas. Sehingga tim harus melakukan pencarian black box VCR tanpa ada bantuan pemancar sinyal.

“Tapi kami menduga, karena beacon (ACB) ditemukan di sekitar situ, maka cockpit voice (VCR) akan segera ditemukan juga,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa, (12/1).

Hadi mengatakan timnya sampai saat ini masih berusaha mencari black box VCR atau rekaman suara pilot di kokpit. Sambil mencari benda tersebut, Hadi mengintruksikan agar timnya juga tetap melakukan evakuasi puing dan jenazah para korban pesawat itu.

“Operasi belum selesai, karena kami akan terus upaya evakuasi korban dan body pesawat yang seluruhnya perlu diangkat untuk pemeriksaan KNKT,” kata Hadi.

Saat ini, baru jenis black box FDR yang ditemukan oleh tim penyelam dan Basarnas. FDR kini sudah diserahkan ke tim KNKT untuk diselidiki lebih lanjut guna mencari penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Seperti diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJY-182 dengan rute Jakarta-Pontianak sempat hilang kontak di Kepulauan Seribu tak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu, 9 Januari 2020. Kabar hilang kontak pesawat itu pun disusul dengan kepastian jika pesawat itu jatuh di dekat Pulau Laki.

Total, pesawat tersebut mengangkut 62 orang diantaranya 12 kru pesawat dan 50 penumpang. 50 penumpang itu terdiri dari 40 penumpang dewasa, tujuh anak-anak dan tiga bayi.

Polri sendiri telah mendirikan dua posko antemortem untuk pendataan korban pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di kawasan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1) lalu.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com