Warna-Warni Indonesia
KPU

Pada Pemilu 2024, KPU Berencana Sederhanakan Desain Surat Suara

BALIKPAPAN (tandaseru.id) – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Pramono Ubaid Tanthowi mengungkapkan rencana KPU menyederhanakan desain surat suara yang akan digunakan untuk Pemilu 2024.

Rencananya, kata Ubaid hanya ada 1 atau 3 surat suara yang dipegang oleh pemilih ketika memberikan hak suaranya di bilik suara nanti.

“Jadi 5 pemilu tidak harus 5 surat suara. Pemilunya tetap yang dipilih presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kab/kota dan DPD, tapi tidak harus setiap pemilu tadi satu surat suara,” ungkap Pramono saat hadir sebagai narasumber Seminar Nasional Evaluasi Penyelenggaraan Pemilihan 2020 Menuju Pemilu Serentak 2024, yang diinisiasi KPU Kota Balikpapan, Sabtu (29/5/2021).

Menurut Pramono, tujuan  penyerdehanaan surat suara untuk memudahkan pemilih saat memberikan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Selain itu juga untuk memudahkan kerja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang pada Pemilu 2019 lalu sempat kelelahan saat melaksanakan proses penghitungan dan penyalinan hasil suara.

“KPPS nya menghitung lebih pendek, karena kalau satu (surat suara misalnya) ya sekali buka tinggal menyebutkan, pilpres dia (pemilih) memilih apa,” tambah Pramono.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com