Rachel Vennya pakai Mobil Pelat RFS, Polisi: Ala-Ala Biar Kayak Pejabat

2

JAKARTA (tandaseru.id) – Pelat mobil Toyota Vellfire yang ditumpangi selebgram, Rachel Vennya yakni B 139 RFS usai diperiksa soal kasus kabur saat isolasi menjadi sorotan karena biasa dipakai oleh pejabat sipil.

Terkait itu, pemakaian nomor pelat dengan seri RFS yang digunakan di mobil Rachel disebut hanya untuk terlihat seperti pejabat.

“Jadi dia beli pelat biasa cuman ala-ala biar kelihatan kaya pejabat. Tapi itu bisa dimiliki oleh umum,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dihubungi, Jumat (22/10).

Argo menjelaskan pelat nomor RFS bisa saja dipakai masyarakat umum. Pemakaian untuk pejabat ketentuannya ada empat angka dengan diawali angka 1.

“Itu kan pelatnya tiga angka jadi kalau tiga angka itu sebetulnya yang belakang itu tidak terlalu berpengaruh. Itu bebas,” ucapnya.

“Untuk pejabat itu penggunaan RF kepala 1 dan 4 angka. Hanya kepala 1 empat angka,” sambungnya.

Sebelumnya, Selebgram, Rachel Vennya usai diperiksa selama 9 jam soal kasus kabur saat isolasi di RSDC Pademangan pada Kamis (21/10).

Saat selesai pemeriksaan, ada yang menarik perhatian saat dirinya hendak pulang usai jalani pemeriksaan. Dia menaiki mobil Toyota Vellfire warna hitam bernomor polisi B 139 RFS. Mobil ini berbeda saat tiba di Polda Metro Jaya yakni berpelat nomor B 777 RVN.

Diketahui, pelat RFS ini merupakan pelat nomor jenis rahasia dan tidak bisa digunakan sembarangan orang.

Penggunaan pelat nomor ini telah diatur oleh kepolisian melalui Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2012 tentang Penerbitan Rekomendasi STNK dan TNKB (pelat nomor) khusus dan rahasia bagi kendaraan bermotor dinas.

Pada Pasal 5 Ayat 2 menyebutkan STNK atau TNKB khusus bagi kendaraan bermotor dinas Pejabat TNI, Polri, dan Instansi Pemerintahan dapat diberikan kepada pejabat dengan strata eselon I, eselon II, dan eselon III.

Sedangkan, Pasal 6 Ayat 1 berbunyi, STNK atau TNKB rahasia diberikan bagi kendaraan bermotor dinas dalam melaksanakan tugas yang membutuhkan kerahasiaan identitas kendaraan bermotor dan pengguna.

Berikutnya Pasal 6 Ayat 2 menjelaskan STNK atau TNKB rahasia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf b diberikan untuk kendaraan bermotor dinas yang digunakan oleh petugas. Untuk pelat nomor dengan kode huruf RFS, biasanya dipakai untuk para pejabat sipil.

Leave A Reply

Your email address will not be published.