Warna-Warni Indonesia

Tingkatkan Keahlian Kader PKK di Pekalongan, TP PKK Pusat Beri Pelatihan Menjahit

PEKALONGAN (tandaseru.id) – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat menggelar pelatihan menjahit bagi para kader PKK di Kota Pekalongan pada Jumat (26/11).
Pelatihan ini sebagai upaya meningkatkan keahlian sekaligus memberdayakan peran para kader.
Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian menjelaskan, PKK merupakan lembaga kemasyarakatan di tingkat desa/kelurahan yang memiliki peran strategis sebagai mitra pemerintah, terutama dalam pemberdayaan masyarakat sekitar.
Hal ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.
“Upaya pemberdayaan tersebut, salah satunya dapat diwujudkan dengan melaksanakan kegiatan pelatihan dan penguatan kader PKK,” ujar Tri.
Tri berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas para kader di bidang menjahit. Dengan kemampuan itu, para kader dapat memanfaatkannya baik untuk mendukung pelaksanaan program dan kegiatan PKK maupun membantu aktivitas kesehariannya.
Di lain sisi, kata Tri, di tengah tantangan dan perkembangan zaman saat ini, kader PKK harus memiliki kompetensi yang unggul. Selain itu, para kader juga dituntut menjadi pribadi yang lebih kreatif agar mampu menghasilkan beragam produk unggulan.
“(Produk) yang diharapkan dapat memberikan keuntungan dan kebermanfaatan di sektor ekonomi, baik bagi PKK secara organisasi maupun kader secara individu,” ujar Tri.
Lebih lanjut, pada era yang penuh dengan tantangan dan persaingan ini, kader PKK juga dituntut mampu mengidentifikasi potensi dan keunggulan di wilayahnya masing-masing. Hal itu pula yang menjadi latar belakang diselenggarakannya pelatihan menjahit di Kota Pekalongan, yang memang dikenal memiliki produk unggulan berupa kerajinan batik.
Selanjutnya, melalui kegiatan ini diharapkan ekonomi masyarakat sekitar dapat meningkat. Tak hanya itu, kegiatan ini juga menjadi bekal bagi masyarakat untuk melahirkan berbagai kegiatan produktif, inovatif, dan kreatif di Pekalongan.
Tri berharap, beragam kegiatan yang digelar PKK baik melalui rapat koordinasi, pelatihan, maupun bentuk lainnya dapat memberikan manfaat yang nyata bagi pemerintah dan masyarakat.
Hal ini, terutama berkaitan dengan peningkatan perekonomian melalui pemberdayaan kader PKK. Upaya ini penting, sebagai bentuk kontribusi PKK dalam membangun desa/kelurahan di wilayahnya masing-masing.
Sebagai informasi, selain menggelar pelatihan menjahit, TP PKK Pusat juga memberi bantuan mesin jahit kepada para perempuan rentan. Tak hanya itu, TP PKK juga menyalurkan bantuan modal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Kota Pekalongan.
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com