Warna-Warni Indonesia

Presiden Jokowi: ASN Garda Terdepan Reformasi Birokrasi

JAKARTA (tandaseru.id) – Presiden RI Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun ke-50 bagi Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).
Presiden Joko Widodo mengapresiasi dharma bakti pengabdian dan kerja keras Korpri dalam melayani masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan.
“ASN yang tersebar di seluruh Tanah Air telah menjadi simpul persatuan dan kesatuan bangsa serta mewujudkan kehadiran negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat d seluruh pelosik negeri,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya yang berikan secara virtual pada peringatan HUT Korpri ke-50 di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Senin (29/11/2021).
Dia berpesan pengabdian yang diberikan oleh ASN tidak boleh berhenti sebab ekspektasi masyarakat semakin tinggi, dan tantangan pun semakin kompleks.
“Berbagai tantangan baru bisa muncul tanpa terduga karena perkembangan teknologi maupun karena musibah dan pandemi. Untuk menghadapi nya Korpri harus terus bertransformasi memperkokoh sikap melayani sebagai abdi masyarakat dan abdi negara,” ungkapnya.
Lebih lanjut Jokowi meminta para ASN terus berinovasi dan mengembangkan cara kerja baru yang lebih efisien dan beradaptasi dengan perkembangan iptek.
“ASN harus memberikan solusi yang cepat dan jitu sehingga dirasakan kehadirannya oleh masyarakat,” kata Jokowi.
Dia meminta setiap ASN anggota Korpri harus berada di garda terdepan reformasi birokrasi, memangkas regulasi yang menghambat pelayanan, meninggalkan sekat ego sektoral, dan menyederhanakan organisasi yang gemuk sehingga mampu bergerak lebih lincah.
“Tinggalkan sekat-sekat ego sektoral, buat prosedur yang rumit menjadi simpel dan buat yang lambat menjadi cepat, ciptakan SDM yang ramping dan unggul,” tegas Jokowi.
Ini memerlukan kemampuan ASN dalam menguasai teknologi digital untuk mempercepat terwujudnya pemerintahan berbasis elektronik.’
“Ini semua harus diakselesari agar ASN anggota Korpri bisa lebih responsif inovati dan mampu memberikan pelayanan publik dengan cepat, efisien, dan efektif,” kata Jokowi.
Pada bagian lain, Presiden Jokowi memberikan pedoman agar setiap anggota Korpri dalam berbagai jabatan harus memiliki nilai dasar yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.
“Pegang teguh core values ASN, orientasi pelayanan akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaftif dan kolaboratif,” pesan Presiden Jokowi.
Selanjutnya, lakukan terobosan dan inovasi secara berkelanjutan, ubah mindset dan cara bekerja, hindari inefisiensi dan kerumitan.
Untuk itu Presiden Jokowi mendorong ASN mempedomani hal-hal sebagai berikut:
Pertama, setiap dinas kementerian/lembaga agar berkolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu dan profesi.
Kedua, bangun e-government untuk meningkatkan kecepatan dan kredibilitas pelayanan.
Ketiga, bangun dan perkokoh kredibilitas aparatur, ciptakan birokrasi yang lebih transparan dan akuntabel, jangan mempersulit dan memberatkan masyarakat dengan mengambil pungutan liar, bangun pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme.
Keempat, perkuat pesan ASN sebagai perekat persatuan bangsa, menjaga NKRI, Pancasila, konstitusi, dan bhineka tunggal ika. Jalin kerja sama yang kokoh dengan seluruh komponen untuk mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan. Dukcapil***
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com