Warna-Warni Indonesia

26 Kopi Indonesia Raih Nilai Cup of Excellence Indonesia di Atas 87 Poin!

JAKARTA (tandaseru.id) – Terdapat 26 kopi Indonesia raih nilai Cup of Excellence Indonesia di atas 87 poin, pengumuman pemenang diselenggarakan secara hybrid di Journey To The South (JTTS), Jakarta dan daring, Rabu, (22/12).

Setelah terhalang pandemi Covid-19, Indonesia melalui SCAI akhirnya berhasil menyelenggarakan kegiatan Cup of Excellence (CoE) 2021 dan mengumumkan 26 Kopi Indonesia yang berhak menyandang gelar CoE Indonesia 2021 dengan nilai di atas 87 poin dan 6 kopi Indonesia yang didaulat sebagai National Winner dengan nilai di atas 85 poin.

Turut hadir Ketua SCAI, Syafrudin  dan Ketua Dewan Pembina SCAI, Delima Hasri Azahari, serta sejumlah pemenang CoE Indonesia 2021 dalam press conference Cup of Excellence Indonesia 2021 tersebut.

Daryanto Witarsa, Ketua Umum SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia) mengungkapkan, bahwa penyelenggaraan Cup of Excellence sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun 2019  hingga 2020, namun terhalang pandemi maka baru terlaksana di tahun 2021.

CoE merupakan ajang kompetisi bergengsi bagi pelaku industri kopi di sektor hulu.  Untuk diketahui terdapat 159 pendaftar dari seluruh Indonesia dan telah di nilai melalui proses cupping minimal 5 kali dalam waktu berbeda secara anonim dan acak, dilakukan oleh beberapa Global Coffee Center CoE di seluruh dunia.

Tiga besar pemenang CoE 2021 berasal dari Aceh dan Jawa Barat. Ada Dilen Ali Gogo, Aceh dengan nilai 89,28, ada Ita Rosita, Jawa Barat dengan nilai 89,04 dan Roberto Bagus Syahputra, Aceh dengan nilai 88,89. Untuk daftar lengkap pemenangnya bisa langsung kunjungi laman Allianceforcoffeeexcellence.org.

Nantinya, kopi pemenang CoE Indonesia tersebut akan dilelang dengan lingkup Internasional pada 27 Januari 2022 dan National Winner pun akan dilelang dengan lingkup Internasional pada 24 Januari 2022 mendatang.

“Dengan kegiatan Cup of Excellence ini kami ingin kopi Indonesia tidak hanya dikenal kopi Indonesia yang biasa saja, tapi bisa jadi kopi specialty yang dihargai di negara lain, dan bersyukur feedback-nya cukup baik, terbukti dari 115 sampel yang berhasil kami kirim,” jelas Daryanto

Ketua Umum SCAI tersebut pun berharap kopi-kopi pemenang CoE yang akan dilelang bisa terjual dengan baik, “secara tidak langsung jika kopi-kopi specialty ini bagus, maka kopi komersial lain pasti bisa naik, hal itu membuat ekosistem bisnis kopi di Indonesia akan bisa bangkit kembali.” tambahnya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com