Warna-Warni Indonesia
Credit Image: img.kurio.network

Resep Sate Ambal Khas Kebumen, Pernah Coba?

JAKARTA (tandaseru.id) – Menu khas dari suatu daerah tentu memiliki cita rasa tersendiri, seperti resep sate ambal khas Kebumen yang mungkin belum pernah kalian coba masak di rumah!

Sate ambal merupakan salah satu makanan khas Kebumen yang terbuat dari daging ayam yang dibumbui dan dibakar. Memang cara pembuatannya sama seperti sate ayam pada umumnya.

Hanya saja yang membedakan pada bumbu yang digunakan pada satenya. Sate satu ini tidak menggunakan sambal kacang tapi menggunakan tempe kukus yang dihaluskan dan diberi bumbu sebagai saus atau sambalnya.

Mau tahu cara membuat sate ambal khas Kebumen lebih lengkap? Simak resepnya di sini!

Siapkan bahan-bahan resep sate ambal!

Bahan pembuatan sambal, siapkan 200 gr tempe kukus, 5 buah cabai keriting besar, 25 cabai rawit, 5 butir bawang merah, 4 siung bawang putih dan 1 sdm gula merah.

Lalu 1 sdm kecap, 1/2 sdm kaldu jamur, 1 sdt garam, 1 sdt lada bubuk, 2 sdm minyak goreng dan terakhir air secukupnya.

Persiapkan juga bahan sate, yaitu 1/2 ekor ayam filet, yang dipotong kecil, 8 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 2 cm jahe, 4 cm kunyit, 1/2 sdt jintan, 2 butir kemiri, 1 sdm kaldu jamur, 1 sdt garam dan 1 sdt lada bubuk

Bahan olesan sate juga perlu disiapkan yaitu 3 sdm minyak goreng serta 3 sdm kecap manis.

Credit Image: masakapahariini.com

Cara pembuatan tidak sulit!

Langkah awal tentu marinasi ayam selama 3 jam menggunakan bahan marinasi yang sudah dihaluskan sebelumnya. Setelah itu tusuk daging ayam menggunakan tusukan sate.

Sisihkan sisa bumbu marinasi. Kemudian panggang sate sampai matang. Jangan lupa untuk sesekali beri olesan di setiap sisi daging ayam. Jika sudah matang angkat dan sisihkan.

Lalu haluskan tempe kukus, dan sisihkan. Lanjutkan dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih dan cabai. Kemudian tumis bumbu halus sampai harum.

Jika sudah, masukkan tempe yang telah dihaluskan, sambil diaduk secara merata. Tambahkan pula garam, gula merah, kecap, kaldu jamur dan lada bubuk.

Tambahkan juga sisa bumbu marinasi dan air secukupnya ke dalam campuran tempe. Masak sampai mendidih dan bumbunya mengental.

Setelah semua sudah siap, sajikan sate dengan sambal dan ketupat atau boleh juga dengan nasi hangat. Mudah bukan membuat resep sate ambal khas Kebumen di atas? rasa sambal yang gurih dengan daging ayam yang nikmat pasti bikin ketagihan!

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com