Warna-Warni Indonesia

PANRB Kembali Gelar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, Diah Natalisa: Inovasi Menjadi Suatu Keharusan

JAKARTA (tandaseru.id) – Kementerian PANRB kembali menggelar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2022. Peluncuran kompetisi dilakukan pada Kamis (24/2).

KIPP kali ini mengusung tema Percepatan Reformasi Birokrasi Melalui Implementasi Transformasi Kelembagaan, Transformasi SDM Aparatur, dan Transformasi Digital yang Diwujudkan dalam Inovasi Pelayanan Publik Menuju Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Tercatat oleh panitia acara peluncuran ini dihadiri 1.900 orang dari aplikasi zoom, dan 900 orang dari streaming youtube, belum termasuk yang menyaksikan melalui UGTV (Streaming TV Universitas Gunadarma), Megaswara Network Streming, dan MGS TV.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA mengatakan inovasi menjadi suatu keharusan, dalam perspektif sektor usaha inovasi diibaratkan sebuah nafas maka dunia usaha akan mati bila tidak berinovasi, agar tetap dicintai oleh pelanggannya.

Bila dipandang dari sektor publik inovasi harus diciptakan agar mampu memberikan kemudahan dalam pelayanan; kecepatan, kepastian, kepercayaan publik, kepuasan, dan bahkan kebahagian untuk masyarakat.

“Oleh karena itu, terobosan atau inovasi ini menjadi penting dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik,” Diah Natalisa.

Bila ditarik kebelakang, dulu konsep inovasi terbilang kurang populer karena lebih didasarkan pada prinsip Demokrasi Weber yang menggambarkan birokrasi itu suatu yang kaku.

“Harus sesuai dengan kebutuhan, aturan yang harus juga jelas, hirarki, spesialisasi, dan dalam lingkungan relatif stabil. Nah, memasuki era new public management mulai dikenal dalam reformasi administrasi, maka inovasi ini semakin mendapatkan perhatian,” ujar Diah Natalisa.

istimewa

Birokrasi kini lebih melihat pada hasil tapi berorientasi pada pelanggan dan digerakkan oleh visi organisasi itu sendiri. Kementerian PANRB sebagai pembina pelayanan publik nasional berupaya untuk melakukan pembinaan inovasi secara lebih khusus di lingkup kementerian, lembaga, pemerintah daerah maupun BUMN dan BUMD.

“Sejak tahun 2014 kami mencanangkan kebijakan one agency one innovation atau satu instansi satu inovasi. Setiap instansi kami dorong untuk menciptakan minimal satu inovasi dalam setahun. Yang kami harapkan disini tentu inovasi tidak hanya sebatas gagasan kreatif tetapi yang paling penting adalah penerapannya untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan juga bagaimana kualitas pelayanan publik bisa berakselerasi lebih baik,” lanjut Diah Natalisa.

Adapun Tujuan dari KIPP ini dijelaskan oleh Diah; pertama menjaring, mendokumentasikan, mendiseminasikan, dan mempromosikan inovasi pelayanan publik. Kedua, menjadi sarana pertukaran pengalaman dan pembelajaran melalui JIPPNAS. Ketiga, memberikan apresiasi dan penghargaan melalui Top Inovasi.

Keempat, memotivasi penyelenggara pelayanan publik untuk berinovasi. Kelima, meningkatkan citra penyelenggara pelayanan publik, dan keenam, mendorong keberlanjutan inovasi pelayanan publik.

“Berkenaan dengan kegiatan KIPP di Tahun 2022, kami telah membuat penentuan jadwal yang nanti akan kami elaborasi dan sosialisasikan lebih lanjut. Di Bulan Februari ini sudah kita launching dan akan dilakukan sosialisasi secara intensif, secara teknis untuk semua kementerian lembaga, pemerintah daerah maupun BUMN serta BUMD,” Diah Natalisa.

Finalis Top Inovasi rencananya akan di umumkan pada 8 Juni. Berikutnya yang krusial adalah akan melalui presentasi dan wawancara finalis top inovasi pada 22 Juni hingga 22 Juli. Lalu verifikasi dan observasi lapangan akan dilakukan pada 19 hingga 22 Juli.

“Insya Allah pengunguman Top Inovasi Terpuji akan diumukan pada 27 Juli 2022 dan penghargaan akan kita sampaikan di Bulan Oktober 2022,” pungkas Diah Natalisa.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com