Luhut: Bali Uji Coba Tanpa Karantina bagi PPLN Mulai 14 Maret 2022

2

JAKARTA (tandaseru.id) – Pemerintah akan melakukan uji coba tanpa karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang datang ke Bali. Kebijakan ini akan berlaku mulai 14 Maret 2022.

Adapun beberapa persyaratannya adalah sebagai berikut:
1. PPLN yang datang harus menunjukkan pembayaran booking hotel yang sudah dibayar minimal empat hari atau menunjukkan bukti domisili di Bali bagi warga negara Indonesia (WNI).
2. PPLN yang masuk harus sudah divaksinasi lengkap atau booster.
3. PPLN melakukan entry PCR-test dengan menunggu di kamar hotel hingga hasil tes negatif keluar. Setelah negatif PPLN dapat bebas beraktivitas dengan prokes tetap diterapkan.
4. PPLN kembali melakukan PCR-test di hari ketiga di hotel masing-masing .
5. Event internasional yang akan dilakukan di Bali selama masa uji coba tanpa karantina ini akan menerapkan ketentuan tes antigen tiap hari terhadap peserta tanpa terkecuali.
6. Pencabutan kewajiban adanya sponsor/penjamin untuk permintaan e-visa turis karena dinilai memberatkan wisatawan asing yang akan masuk.

“Target 14 Maret 2022 dapat kita percepat satu minggu jika dalam evaluasi minggu depan tren kasus menunjukkan hasil yang membaik. Karena di Bali kelihatannya kemarin kami lihat selama beberapa minggu terakhir angkanya terus membaik,” ujar Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Diungkapkan Luhut, Bali dipilih sebagai  lokasi uji coba percontohan karena tingkat vaksinasi dosis kedua umum yang sudah tinggi dibandingkan provinsi lainnya.

Namun dalam masa persiapan menuju tanggal 14 Maret, pemerintah tetap akan terus mengakselerasi dosis kedua untuk kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) serta vaksinasi booster.

“Jika uji coba di Bali berjalan baik, kami akan perluas kebijakan tanpa karantina di seluruh Indonesia sejak 1 April atau lebih cepat dari 1 April 2022. Namun sekali lagi kebijakan ini akan dilakukan berdasarkan data perkembangan pandemi ke depan,” ujarnya.

Wisatawan Mancanegara
Luhut mengungkapkan pembukaan Bali bagi wisatawan mancanegara (wisman) berjalan dengan lancar. Sejak pembukaan Bali bagi wisman, sudah lebih dari 1.600 wisatawan yang datang ke Bali dan lebih dari 50 persen di antaranya memilih untuk melakukan karantina bubble.

“Sebagian besar wisman memilih hotel bubble dengan rata-rata kamar per malamnya mencapai Rp3 juta. Rusia, Australia, Prancis, Amerika, serta Belanda mendominasi wisatawan yang datang ke Bali,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk pembukaan tahap berikutnya pemerintah akan menambah hotel karantina bubble menjadi 17 hotel dan hotel karantina umum (di kamar) ditambah 41 hotel.

“Perbaikan lain yang akan dilakukan mencakup pemesanan melalui online travel agent, ketersediaan isolasi, mekanisme penjemputan di bandara dan kemudahan e-visa,” pungkasnya.

 

7 Comments
  1. … [Trackback]

    […] Read More here to that Topic: tandaseru.id/2022/02/28/luhut-bali-uji-coba-tanpa-karantina-bagi-ppln-mulai-14-maret-2022/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Read More to that Topic: tandaseru.id/2022/02/28/luhut-bali-uji-coba-tanpa-karantina-bagi-ppln-mulai-14-maret-2022/ […]

  3. goltogel says

    Well done on the article! It’s both informative and well-crafted. Consider including more visuals in your future articles to make them even more captivating.

  4. … [Trackback]

    […] Info on that Topic: tandaseru.id/2022/02/28/luhut-bali-uji-coba-tanpa-karantina-bagi-ppln-mulai-14-maret-2022/ […]

  5. Taneka Daisey says

    I’m adding this to my list of favorites, exceptional!

  6. Vito Huerta says

    You’ve got a fan in me, keep up the amazing work!

  7. Julian Stretch says

    I’m at a loss for words, this is just too good!

Leave A Reply

Your email address will not be published.