Warna-Warni Indonesia
Credit Image: newsbtc.com

Apa itu ETH atau Ethereum? Ini Penjelasan Simple-nya

JAKARTA (tandaseru.id) – ETH atau Ethereum sedang populer diperbincangkan akhir-akhir ini, tapi tahukah apa itu ETH? Simak penjelasan sederhana tentang ETH atau Ethereum di bawah ini!

Ethereum atau yang juga disebut ether, atau ETH adalah mata uang kripto. Mata uang ini adalah uang digital langka yang dapat digunakan di internet, mirip dengan Bitcoin.

Ethereum merupakan platform yang didukung oleh teknologi blockchain. Sifat terdistribusi dari teknologi blockchain adalah yang membuat platform Ethereum aman, dan keamanan itu memungkinkan ETH untuk memperoleh sebuah nilai.

ETH mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia akibat kemunculan berita tentang Ghozali Everyday yang mendapat keuntungan hingga milyaran rupiah setelah menjual fotonya di NFT dan mata uang yang diterima oleh ghozali berupa Ethereum

Apa itu Ethereum?

Ethereum adalah platform perangkat lunak terdesentralisasi yang memungkinkan Smart Contracts and Distributed Applications (DApps) dibangun dan dijalankan tanpa waktu henti (downtime), penipuan, kontrol, atau gangguan dari pihak ketiga, seperti tercantum dalam buku Ekonomi dan Bisnis Digital.

Lebih jauhnya dilansir dari ethereum.org, platform Ethereum dapat mendukung lebih banyak aplikasi daripada ETH dan mata uang kripto lainnya.

Pengguna jaringan dapat membuat, menerbitkan, memonetisasi dan menggunakan berbagai aplikasi di platform Ethereum, serta dapat menggunakan ETH atau mata uang kripto lain sebagai alat pembayaran.

Ethereum adalah token aset kripto yang serupa dengan bitcoin karena dapat digunakan dalam transaksi peer-to-peer, atau dibeli dan dijual pada bursa dengan nilai spekulatif.

Investor dapat menggunakan salah satu dari banyak platform pertukaran mata uang kripto untuk membeli dan menjual ETH. Ethereum didukung oleh pertukaran kripto khusus, termasuk Coinbase, Kraken, Gemini, dan Binance, dan oleh pialang seperti Robinhood

Credit Image: theglobalcoverage.com

Bagaimana cara kerja Ethereum?

Secara sederhana Ethereum seperti mata uang kripto lainnya, menggunakan teknologi blockchain. Bayangkan rantai blok yang sangat panjang dan dihubungkan bersama, dengan semua informasi tentang setiap blok diketahui oleh setiap anggota jaringan blockchain.

Ethereum menggunakan konsep transaksi yang terdesentralisasi (decentralized application/DApps). Melansir dari Hir.harvard.edu,Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum mengungkapkan, Ethereum bekerja sebagai platform di mana semua orang dapat mengunggah kode disebut smart contacts.

Siapa pun dapat menerbitkan smart contact atau mengirim transaksi. Seluruh kode dapat berjalan di blockchain. Misalnya, jika seseorang membuat sebuah aplikasi lalu orang lain juga membuat aplikasi, maka kedua aplikasi dapat berinteraksi. Lingkungan Ethereum terinterkoneksi sehingga semakin banyak orang yang bergabung, semakin luas jaringannya.

Teknologi blockchain digunakan untuk memverifikasi seluruh transaksi. Aktivitas tersebut dicatat pada public ledger atau buku besar publik yang transparan dan aman serta langsung dikenali.

Agar dapat diperdagangkan, mata uang Ethereum yang disebut Ether harus melalui proses mining, yaitu tindakan menambahkan transaksi ke blockchain sehingga semua orang dapat menyetujui rangkaian transaksi yang sama. Ether dapat digunakan sebagai mata uang digital dalam transaksi keuangan atau sebagai investasi.

Cara kerja Ethereum dengan smart contracts serupa dengan program komputer yang berjalan otomatis sesuai dengan perintah dalam kontrak, karena diprogram, tidak ada pengawas yang dibutuhkan. Fitur smart contracts lebih murah untuk dieksekusi dan bahkan lebih aman.

Sifat teknologi blockchain yang terdesentralisasi juga membuat jaringan ethereum lebih aman. Jaringan komputer yang luas di seluruh dunia memelihara jaringan blockchain Ethereum, dan jaringan tersebut memerlukan konsensus terdistribusi untuk setiap perubahan yang akan dilakukan pada blockchain.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com