Warna-Warni Indonesia

Kunjungi Distrik Prafi, Tri Tito Karnavian Harap Angka Stunting Terus Menurun

JAKARTA (tandaseru.id) – Stunting masih jadi isu yang cukup menarik perhatian, Tri Tito Karnavian harap angka stunting terus menurun saat mengunjungi Distrik Prafi, Manokwari, Selasa, (28/6).

Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Distrik Prafi, Kabupaten Manokwari untuk meninjau kiprah yang dilakukan oleh kader-kader PKK setempat yakni Dasawisma Teratai yang telah menorehkan capaian positif.

Capaian itu seperti telah mendorong pemanfaatan lahan pekarangan untuk tanaman produktif. Tanaman tersebut yakni terong, cabai, tomat, kangkung, serta aneka jenis sayuran lainnya.

Selain itu, di kawasan tersebut kader-kader PKK juga menghasilkan kerajinan tangan, makanan ringan, hingga berbagai olahan lezat lainnya.

Dalam sambutannya, Tri mengapresiasi kepemimpinan Bupati Manokwari Hermus Indou serta Ketua TP PKK Manokwari Febelina Indou yang telah mendorong kader-kader PKK setempat dalam berkarya.

Semangat para kader PKK tersebut bukan hanya melahirkan berbagai gebrakan yang penting, melainkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat setempat.

“Masyarakat sendiri bisa mempunyai kebun yang antara lain untuk dimanfaatkan sebagai rumah tangga di dapur yang ujung-ujungnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan ataupun kesehatan anak-anak,” kata Tri.

Dirinya menuturkan, saat ini banyak anak balita yang memerlukan bantuan dalam meningkatkan gizi. Gizi tersebut dibutuhkan dalam 1000 hari masa tumbuh anak.

Jika gizi tersebut tidak terpenuhi, akan memicu terjadinya stunting. Karena itu, Tri berharap kerja sama dari berbagai pihak dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Manokwari.

“Kita harapkan jumlah stunting di Kabupaten Manokwari ini akan terus menurun, dan ini pasti akan menjadi prestasi yang luar biasa dari Kabupaten Manokwari, di mana ini akan tercatat dari tahun ke tahun,” tambahnya.

Lebih lanjut, Tri mengapresiasi atas sambutan hangat yang diberikan oleh masyarakat Distrik Prafi. Terlebih, dirinya juga dapat melihat langsung sekaligus merasakan berbagai kemajuan yang terdapat di daerah tersebut. Hal ini, tambah Tri, sejalan dengan ikhtiar pemerintah pusat untuk terus mendukung pembangunan yang dapat dirasakan masyarakat.

“Bahwa harus masyarakat yang merasakan (dampak pembangunan), karena Indonesia ini harus dipersiapkan sedini mungkin. Dari sekarang kita harus menyiapkan masyarakat yang sehat yang nanti bisa berguna dan bisa berkompetisi bersaing dengan negara lain dalam mempertahankan Negara Republik Indonesia,” pungkasnya.

Usai menyampaikan sambutannya tersebut, Tri beserta rombongan kemudian memanen langsung tanaman produktif yang dibudidayakan Dasawisma Teratai. Setelah itu, secara simbolis Tri juga diperkenankan menanam kembali bibit tanaman produktif di lahan tersebut.

Selama prosesi berlangsung, Tri tampak berbincang-bincang dengan masyarakat setempat. Sesekali Tri juga menyimak dan memberikan saran kepada masyarakat mengenai pentingnya nilai gizi untuk menekan angka stunting.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com