Warna-Warni Indonesia

Jadi Inspektur Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Pulau Rote, Mendagri: Saya Merasa Bangga

JAKARTA (tandaseru.id) – Mendagri bangga jadi Inspektur upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Pulau Rote, Rabu, (17/8).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengaku bangga menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Lapangan Nembrala Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pasalnya, pelaksanaan upacara dapat dilaksanakan di wilayah paling selatan dari negara Indonesia, yakni Pulau Rote.

Mendagri mengatakan, pemilihan lokasi upacara itu berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Diketahui, Presiden Jokowi memerintahkan sebagian menterinya untuk melaksanakan upacara di berbagai daerah, termasuk daerah perbatasan Indonesia.

“Sehingga saya mengambil keputusan untuk melaksanakan di pulau terselatan Indonesia, Pulau Rote,” ujar Mendagri.

Menurut Mendagri, pelaksanaan upacara di pulau tersebut sangat penting. Sebab, secara simbolis menunjukkan batas wilayah negara Indonesia. Selain itu, hal tersebut juga menjadi salah satu cara untuk menyosialisasikan batas Indonesia bagian selatan kepada khalayak.

“Harapan kita dengan kehadiran kami di sini, masyarakat Indonesia paham bahwa batas selatan itu adalah Pulau Rote. Mungkin nanti penasaran dan akhirnya bisa datang ke sini juga begitu,” terang Mendagri.

Pada kesempatan itu, Mendagri mengapresiasi jalannya upacara yang berlangsung hikmat dan lancar. Dirinya berharap, suksesnya upacara tersebut mampu membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat.

Terlebih, upaya memacu rasa nasionalisme juga telah dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendgari) melalui sejumlah kegiatan, salah satunya gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih di seluruh Indonesia.

Adapun dalam gerakan tersebut, Kemendagri menggelar kegiatan secara simbolis di tiga tempat yakni Kabupaten Merauke, Kota Banda Aceh, dan Kota Surabaya.

Pembagian bendera di Kabupaten Merauke secara simbolis dilakukan oleh Mendagri. Sementara di Kota Banda Aceh dilakukan Wamendagri, dan di Kota Surabaya pembagiannya kembali dilakukan oleh Mendagri.

“Dan kali ini saya melihat bendera merah putih berkibar di mana-mana, di Kabupaten Rote Ndao. Dan itu memperkuat patriotisme, nasionalisme, sekaligus status bangsa kita ya. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote semua bendera merah putih berkibar,” jelas Mendagri.

Dalam kesempatan yang sama, Mendagri mengajak berbagai pihak untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI dengan gembira. Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk terus memperkuat fondasi bangunan rumah bersama, yakni rumah Indonesia.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com