Warna-Warni Indonesia
Istimewa

Gelar Webinar, Kemendagri Dorong Ormas Didik Pemilih Cerdas Wujudkan Pemilu Berkualitas

JAKARTA (tandaseru.id) – Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar webinar bertajuk “Partisipasi Organisasi Kemasyarakatan dalam Pendidikan Pemilih Cerdas untuk Mewujudkan Pemilu Berkualitas Tahun 2024”, Rabu (25/1).

Kegiatan ini digelar sebagai dukungan terhadap penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) dalam menciptakan ekosistem Pemilu yang sehat.

Dalam pengarahannya membuka webinar, Direktur Jenderal (Dirjen) Pol & PUM Bahtiar mengatakan, Kemendagri bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) berkomitmen menghadirkan pemilihan yang sehat sesuai dengan konstitusi dan prinsip-prinsip Pemilu yang baik.

Berbagai tahapan penyelenggaraan Pemilu diketahui juga telah dimulai. Hal ini ditandai dengan mulai munculnya figur yang dicalonkan menjadi pemimpin.

Menyikapi hal itu, Bahtiar berpesan kepada semua pihak agar bijak menghadapi berbagai tantangan yang ada, salah satunya terhadap adanya teknologi algoritma. Teknologi tersebut dinilai mampu memberikan kemudahan, tetapi juga kerugian bagi manusia.

Istimewa

“Jadi teknologi algoritma ini memiliki dua mata, mata baik dan mata kurang baik. Jadi algoritma ini bisa memaksa menciptakan kebenaran-kebenaran, memaksa orang menerima kebenaran apabila kita tidak mampu memahami teknologi dengan baik,” ujarnya.

Bahtiar mengungkapkan, dalam menghadirkan pemilih cerdas hari ini tantangannya lebih kompleks, terutama karena adanya dampak buruk teknologi algoritma. Untuk itu, dia mengimbau berbagai pihak untuk mewaspadai dan bekerja ekstra untuk mengatasi hal tersebut.

“Oleh karenanya, mengedukasi masyarakat hari ini memiliki tantangan tersendiri, berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya,” katanya.

Sementara itu, Direktur Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Ditjen Pol & PUM Kemendagri Risnandar Mahiwa mengatakan, peran ormas dalam penyelenggaraan Pemilu sangat penting. Karena itu, dirinya mengimbau agar jajaran ormas dapat menyiapkan kader-kader pemimpin, baik sebagai penyelenggara maupun peserta Pemilu. Selain itu, dia juga meminta agar ormas berperan aktif menjadi penyeimbang dan penenang ketika terjadi gesekan di lingkungan masyarakat.

Sebagai informasi, webinar kali ini menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten di bidangnya, di antaranya Komisioner KPU RI Mochammad Afiffuddin, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K.H. Yahya Cholil Staquf, Tenaga Profesional Bidang Strategi Lemhanas RI Komjen Pol (Purn) Heru Winarko, Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Muhammad Izzul Muslimin, serta Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com