Warna-Warni Indonesia
Istimewa

Dirjen Polpum Kemendagri Apresiasi Jambore Kewaspadaan Dini di Kota Medan

MEDAN (tandaseru.id) – Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar mengapresiasi gelaran Jambore Kewaspadaan Dini Masyarakat dan launching Sistem Informasi Deteksi Dini (Sidini) di Kota Medan.

“Ini inovasi yang sangat positif,” ujar Bahtiar di Lapangan Asrama Haji Medan, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (17/3/2023).

Bahtiar menegaskan, dirinya memahami betul membangun kewaspadaan dini masyarakat merupakan upaya yang sangat penting. Terlebih dia bertugas dan bertanggung jawab membantu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) khususnya dalam mengelola politik dalam negeri, menyelenggarakan urusan pemerintahan umum, termasuk sebagai regulator Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Saya sebut bahwa ini kelihatannya sederhana yang dibuat oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Medan, tetapi bagi saya selaku Dirjen Politik dan PUM Kemendagri menganggap ini sangat penting dan contoh teladan bagi jajaran Kesbangpol seluruh Indonesia. Karena sebagai Dirjen Polpum saya bertugas mengorganisir dan memastikan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang dibina oleh jajaran Badan Kesbangpol di 514 kabupaten/kota di 38 provinsi itu berjalan dengan baik,” ucap Bahtiar dalam acara bertajuk “Kolaborasi Kewaspadaan Dini dalam rangka Mewujudkan Medan Kondusif” tersebut.

Karena itu, Bahtiar memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Wali Kota Medan serta Badan Kesbangpol Kota Medan termasuk Dinas Kominfo Kota Medan. Apresiasi itu diberikan karena jajaran Pemerintah Kota Medan telah berkomitmen berkolaborasi antarstakeholder untuk menjaga suasana kondusif melalui Jambore Kewaspadaan Dini.

“Semoga dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat mewujudkan Kota Medan menjadi kota yang kondusif di tengah berbagai potensi ancaman, gangguan, dan permasalahan yang bisa timbul setiap saat,” harapnya.

Bahtiar menerangkan, saat ini cara bekerja pemerintahan telah banyak bermigrasi dari semula manual ke arah digital. Dia menekankan, ukuran kinerja bukan hanya baik, benar, dan bagus, tetapi juga cepat. Kecepatan dan keakuratan itu hanya bisa didapatkan dengan memanfaatkan teknologi.

“Kalau memang aplikasi Sistem Informasi Deteksi Dini (Sidini) yang diinisiasi oleh Pemda Kota Medan ini bagus, maka saya ajak kawan-kawan Kebangpol di Sumatera Utara hadir di sini untuk melihat langsung dan diskusi mendalam, sehingga aplikasi ini bisa diduplikasi ke seluruh kabupaten/kota seluruh Sumatera Utara yang berfungsi untuk melaporkan situasi kondisi yang ada di wilayah tersebut secara cepat dan mudah diakses. Kemudian kalau memang bagus kita jadikan contoh saja, kita duplikasi kita angkat jadi model bagi seluruh Pemda/Bakesbangpol di seluruh Indonesia,” jelas Bahtiar.

Menurutnya, aplikasi Sidini bisa dikembagkan menjadi model untuk mengelola forum-forum kewaspadaan dini bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Karena itu, atas nama Kemendagri, dirinya mengapresiasi setiap upaya positif yang dilakukan Pemda. “Apalagi hal ini sejalan dengan arah kebijakan prioritas pemerintah membangun satu data Indonesia melalui (penerapan) Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” ujar Bahtiar.

Bahtiar berharap, Jambore Kewaspadaan Dini dapat meningkatkan peran pemerintah daerah (Pemda) dan partisipasi masyarakat dalam memelihara dan menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban umum di Kota Medan. Dengan begitu, nantinya bakal terwujud Kota Medan yang aman, tertib, dan kondusif.

Istimewa

Di lain sisi, Bahtiar juga mengingatkan soal persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Dia mengatakan, seluruh perangkat pendukung pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 sudah dipersiapkan.

“Jadi prinsipnya pemilu sudah siap, peraturannya sudah siap, penyelenggara sudah siap, peserta pemilu sudah siap, uangnya sudah siap, anggaran sudah siap, sekarang tinggal kita bagaimana menggerakkan partisipasi masyarakat dan mengelola ini menjadi sesuatu tata kelola pemilu yang baik,” imbuh Bahtiar.

Bahtiar juga mengajak seluruh pihak untuk turut menyukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Sesuai arahan Mendagri, kata dia, upaya menyukseskan pemilu tersebut harus tetap memperhatikan pembangunan daerah agar tetap berjalan.

Sementara itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan, kewaspadaan dini merupakan keadaan siap siaga dan upaya antisipasi dalam menghadapi potensi dan indikasi terjadinya bencana di daerah. Karena itu, aspek tersebut perlu didukung dan diperhatikan. Terlebih, hal itu diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 46 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah.

“Oleh sebab itu, dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan daerah dan melindungi keamanan dan ketertiban masyarakat Kota Medan dibutuhkan upaya kewaspadaan dini dan antisipasi bagi masyarakat,” ucap Bobby dalam sambutannya.

Dia mengatakan. kewaspadaan dini di Kota Medan menjadi tugas dan tanggung jawab bersama, baik Pemerintah Kota Medan maupun seluruh masyarakat. Dirinya berharap, sinergisitas dan kolaborasi dari seluruh pihak dapat memperkuat kewaspadaan dini. “Kita akan berjalan bersama menuju Kota Medan yang kondusif sebagaimana upaya untuk mewujudkan kenyamanan dan iklim kondusif bagi segenap masyarakat Kota Medan,” tutup Bobby.

Sebagai informasi, Jambore ini dihadiri secara langsung oleh para pejabat di lingkup Ditjen Polpum Kemendagri. Mereka di antaranya Direktur Kewaspadaan Nasional Sri Handoko Taruna dan Direktur Organisasi Kemasyarakatan yang merupakan Plh. Sekretaris Ditjen Polpum Risnandar Mahiwa. Hadir pula jajaran Forkopimda seluruh Kota Medan, Kaban Kesbangpol seluruh Provinsi Sumatera Utara, FKDM seluruh Provinsi Sumatera Utara, dan jajaran pejabat Pemerintah Kota Medan.

3 Komen
  1. tlover tonet berkata

    I have to convey my passion for your kindness for those people who really need help with in this study. Your personal commitment to getting the message around has been really productive and has usually permitted individuals like me to achieve their endeavors. Your entire valuable guidelines can mean a great deal a person like me and much more to my office workers. Thanks a lot; from all of us.

  2. … [Trackback]

    […] Find More here to that Topic: tandaseru.id/2023/03/18/dirjen-polpum-kemendagri-apresiasi-jambore-kewaspadaan-dini-di-kota-medan/ […]

  3. GMB SEO berkata

    Excellent weblog here! Also your site loads up fast! What host are you the use of? Can I get your associate link for your host? I wish my website loaded up as fast as yours lol

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com