FOKUS

3 Hal Penting Terhindar dari Pencurian Data di Pinjol

Tandaseru – Canggihnya perkembangan fintech menimbulkan maraknya platform pinjaman online berbasis aplikasi yang dapat mempermudah masyarakat. Namun Anda harus berhati-hati sebelum memberikan data ke fintech.

Belum lama ini seorang warganet menemukan aplikasi yang dapat mengambil data pengguna, seperti nomor telepon, foto pribadi, bahkan histori ojek online.

Hal ini mungkin saja terjadi apabila pengguna memberikan izin sebuah aplikasi untuk mengakses data-data sebelum di-download.

Menyikapi hal tersebut, masyarakat sebagai pengguna layanan dan jasa fintech atau aplikasi berbasis teknologi lainnya juga dituntut semakin cerdas dan mawas diri dalam melindungi data pribadinya.

CTO dan Co-Founder platform kartu kredit digital dan pinjaman online (pinjol) Kredivo, Alie Tan mengatakan meningkatnya inovasi serta digitalisasi di era teknologi harus diimbangi dengan perlindungan data pribadi penggunanya.

“Teknologi mampu membawa dampak positif yang signifikan bagi kehidupan sehari-hari kita, namun pada saat yang sama juga mampu memberikan dampak yang merugikan jika tidak dimanfaatkan secara bijak,” ujarnya.

Kredivo sendiri, sebagai perusahaan fintech dituntut untuk paham akan keamanan data pribadi para nasabahnya sesuai dengan regulasi yang diatur Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ini 3 hal penting yang perlu diperhatikan pengguna sebelum membagikan data pribadi ke platform fintech atau pinjaman online.

Legalitasnya terdaftar resmi di OJK

Sebelum melakukan pinjaman online (pinjol), pengguna harus mencari tahu informasi lengkap mengenai kredibilitas platform pinjaman tersebut dan pastikan perusahaan tersebut sudah masuk dalam daftar resmi OJK.

Teliti baca syarat dan perizinan akses aplikasi

Pengguna harus teliti dengan seluruh syarat persetujuan dan data apa saja yang hendak diakses dari aplikasi.

Anda juga jangan terlalu cepat mengklik “Allow” atau “Izinkan” sebelum menggunakan aplikasinya agar terhindar dari pencurian data pibadi.

Download aplikasi dari situs resmi

Pastikan Anda mengunduh aplikasi fintech atau pinjaman online dari situs-situs resmi, seperti Play Store dan App Store.

Jika aplikasi yang diunduh dari sumber yang tidak resmi bisa berpotensi mengambil data pribadi melalui malware.

Jika Anda tidak ingin menjadi korban pencurian data, sebaiknya teliti, bijaksana dan mawas diri dalam melakukan pinjaman online.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait