FOKUS

4 Fakta Khasiat Minum Kopi Bagi Kesehatan Mental

JAKARTA (tandaseru) – Banyak orang yang sudah merasakan manfaat kopi bagi kesehatan tubuh, bahkan dapat berpengaruh pada kondisi mental. Berikut ini faktanya!

Dengan meminum secangkir kopi dapat berdampak pada suasana hati, kewaspadaan, dan fungsi mental yang baik.

Dilansir di laman Ladders, Minggu (5/7), biji kopi sebenarnya mengandung banyak nutrisi. Setidaknya, dalam secangkir kopi mengandung vitamin B2, Asam Pantotenat atau vitamin B5, Mangan dan kalium, dan Magnesium dan niasin atau vitamin B3.

Banyak penelitian yang telah mempelajari efek minuman terhadap kesehatan fisik, seperti kanker, jantung atau diabetes.

Namun untuk dapat memperoleh manfaat kopi yang baik untuk kesehatan, tentu harus diperhatikan kadar jumlah kopi yang dikonsumsi.

Dengan kadar yang tepat, kopi bisa jadi teman kesehatan mental. Berikut ini manfaat kopi bagi kesehatan mental Anda!

Zodiak yang Alami Stress Berlebihan

Terhidar rasa putus asa

Lewat penelitian yang dilakukan di Swiss, di mana mereka yang jarang mengonsumsi kopi berisiko stres lebih tinggi dari pencinta kopi.

Hal ini bisa juga dikarenakan aroma kopi dapat menciptaka rasa nyaman dan memberikan ketenangan yang daoat menurunkan tingkat stres karena gen ditingkatkan aktivitasnya sebagai pelindung sel saraf.

Daya ingat yang tajam

Tahukah Anda, kopi tidak hanya berperan baik terhadap kondisi mental atau psikis seseorang, namun juga bekerja baik untuk kesehatan otak jika dikonsumsi secara tepat.

Dengan mengonsumsi kopi dapat meningkatkan kemampuan daya ingat otak menjadi lebih tajam. Namun untuk dapat memperoleh manfaat ini sangat disarankan agar konsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan.

Merangsang rasa bahagia

Berdasarkan penelitian di American University menunjukkan bahwa dengan mengoonsumsi kopi ternyata bermanfaat terhadap memberikan rasa bahagia serta percaya diri.

Dengan konsumsi kopi mampu meningkatkan produksi hormon erotonin dan dopamine yang berperan sebagai pemicu kebahagiaan.

Manfaat Minum Kopi

Lebih fokus

Manfaat lainnya, kafein yang dikonsumsi dalam dosis normal dapat meningkatkan kinerja perilaku dan kognitif sederhana yang berpengaruh terhadap fungsi otak.

Peneliti menemukan bahwa ketika mengonsumsi 200 miligram kafein (setara dengan dua sampai tiga cangkir kopi) 30 menit sebelum melakukan tugas verbal, kemampuan daya ingat kata-kata dengan konotasi positif akan meningkat.

Kafein ini mampu merangsang produksi sejumlah hormon dalam tubuh saat terbawa aliran darah. Hormon yang dirangsang produksinya oleh kafein seperti dopamine, serotonin, serta noradrenalin.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com