FOKUS

4 Fakta Menarik Ranu Manduro, Tempat Wisata Rahasia di Mojokerto

MOJOKERTO (tandaseru) – Wisata Ranu Manduro mendadak viral karena keindahan alamnya yang berhasil diabadikan oleh seorang pengguna di media sosial.

Objek wisata Ranu Manduro ini berada di Mojokerto, yang disebut-sebut sebagai Ranu Kumbolo versi Mojokerto.

Seorang wargenet bernama Hafidz Bashory sempat mengunggah video keindahan alam Ranu Mandoro, yang kemudian di-repost banyak akun baik di media sosial Twitter maupun Instgaram.

Lanskapnya yang menghijau layaknya pemandangan Selandia Baru bikin nama Ranu Manduro jadi mengundang banyak perhatian.

Berikut ini 4 fakta unik pesona Ranu Manduro yang perlu Anda tau!

Ranu Kumbolo versi Mojokerto

Ranu Manduro rupanya sering dijuluki sebagai Ranu Kumbolo dari Mojokerto. Pasalnya, Ranu Manduro merupakan telaga yang berlokasi di kaki Gunung Penanggungan, mirip seperti Ranu Kumbolo yang berlokasi di kaki Gunung Semeru.

Bekas Tambang Pasir

Tahukah Anda, kawasan Ranu Manduro ini dulunya hanya sekadar perbukitan yang dikeruk untuk mengatasi lumpur Lapindo yang meluap pada 2006 silam.

Kemudian hasil kerukan itu, kini menjadi sebuah lubang besar yang membentuk telaga ketika musim hujan tiba.

Berlokasi di Mojokerto

Objek wisata alam ini berada di Mojokerto yang berlokasi di Desa Manduro, Manduro Manggung Gajah, Kec. Ngoro, Jawa Timur.

Mojokerto merupakan salah satu kota kecil di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik, mulai dari tempat-tempat bersejarah, alamnya yang indah, dan lain sebagainya.

Pemandangan alam yang indah layaknya Selandia Baru

Dalam video Instagram story yang diunggah Hafidz Bashory, Anda bisa melihat betapa asrinya alam di sekitar Ranu Manduro.

Di sepanjang jalan menuju ke lokasi telaga, Anda akan menemukan hamparan rumput hijau cantik, sejuk, dan alami. Semakin menarik karena dihiasi dengan bebatuan berukuran besar.

Karena masih minim diketahui oleh wisatawan, akses menuju Ranu Manduro juga dinilai lumayan sulit untuk dijangkau dengan mobil.

Bagi Anda yang penasaran berkunjung ke Ranu Manduro, Anda masih bisa menggunakan sepeda atau motor.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait