FOKUS

4 Fakta Mengejutkan Fossa, Mamalia Karnivora yang Terancam Punah!

JAKARTA (tandaseru) – Madagaskar memiliki keanekaragaman hayati sangat besar, dengan berbagai macam jenis hewan yang unik. Salah satu yang terkenal dan endemik Madagaskar adalah Fossa. Ada beberapa fakta unik tentang Fossa yang menarik untuk dibahas.

Tahukah Anda, Fossa merupakan salah satu binatang karnivora terbesar yang ada di pulau Madagaskar.

Binatang ini tersebar di berbagai penjuru pulau Madagaskar, meskipun penyebarannya tidak secara merata. Yuk ketahui fakta-fakta menarik seputar Fossa.

Fakta Unik Tentang Fossa, Mamalia Karnivora yang Terancam Punah!

Suka tinggal di area hutan

Pada umumnya Fossa tinggal di area hutan yang lebat, karena keahliannya yang sangat lincah dalam menaiki dan melompat di antara pepohonan.

Binatang unik ini sering menghabiskan waktunya di atas pohon dan tanah. Mereka sangat solitary atau hidup dalam berkelompok.

Jangan heran jika Fossa menangkap mangsa, karena mereka akan memakan mangsa bersama-sama.

Mirip kucing namun bukan jenis kucing

Fossa merupakan binatang yang sangat mirip dengan kucing. Banyak yang menganggap binatang ini masuk dalam keluarga Felidae. Namun pada kenyataannya, binatang ini bukan termasuk keluarga tersebut.

Penelitian menyebutkan bahwa hewan berwarna coklat kemerahan ini masuk dalam jenis Eupleridae yang memiliki bentuk layaknya musang. Nenek moyang dari binatang ini sudah datang ke pulau ini sekitar 20 juta tahun.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait