FOKUS

5 Aplikasi Khusus Umat Muslim, Mudahkan Ibadah di Bulan Ramadan

Tandaseru Umat muslim di Indonesia mulai melaksanakan puasa Ramadan 1440 Hijriah, Senin (6/5). Selain meyiapkan jiwa dan raga, tak ada salahnya Anda meng-install aplikasi ibadah Ramadan di smartphone untuk memperlancar ibadah di bulan Ramadan.

Selama bulan Ramadan, keberadaan aplikasi religi semakin beragam. Aplikasi tersebut sudah tersedia di platform iOS maupun Android yang dapat diunduh secara gratis.

Nah, agar Anda tetap semangat beraktivitas, tetapi tidak meninggalkan ibadah puasanya, coba deh cek lima aplikasi ibadah Ramadan berikut ini.

Pertama aplikasi ibadah puasa pertama yang perlu Anda unduh, yakni Muslim Pro

Aplikasi Muslim Pro menyediakan 30 juz Al Quran lengkap dengan tulisan Arab, terjemahan, dan pelafalan audio yang bisa dibaca usai melaksanakan salat wajib, salat sunnah, maupun di waktu senggang.

Tak hanya itu, aplikasi ini memudahkan Anda dengan melengkapi fitur petunjuk kiblat, kalender Hijriah hingga peta restoran halal dan masjid terdekat dengan lokasi Anda.

Jadi nantinya, aplikasi ini akan memberikan Anda notifikasi ketika memasuki waktu sholat lengkap dengan suara muazin.

Menariknya, di bulan Ramadan ini, muslim pro menyediakan jadwal berbuka puasa, imsak dan waktu solat sesuai negara dan lokasi pengguna. Aplikasi ini telah diunduh oleh 10 juta pengguna.

Muslim Go

Aplikasi ibadah, Muslim Go merupakan aplikasi buatan anak bangsa yang telah diunduh lebih dari satu juta pengguna.

Aplikasi ini menyajikan jadwal solat, pengingat waktu berbuka, sahur, dan imsak, hingga kumpulan doa yang bisa dibaca setiap hari.

Keunggulan aplikasi ini, yaitu tersedia fitur yang menyediakan kartu ucapan yang bisa dipakai pengguna saat merayakan hari besar islam.

Fitur islami lainnya dalam aplikasi ini antara lain buku, musik, video, hingga komik. Sayangnya, aplikasi ini baru bisa tersedia untuk pengguna Android.

Kesan

Menjelang bulan Ramadan aplikasi Kesan atau kependekan dari Kedaulatan Santri resmi dirilis di Indonesia, Jumat (3/5) lalu.

Aplikasi religi ini bisa digunakan untuk menemani aktivitas umat muslim selama menjalankan ibadah di bulan puasa dan mengingatkan penggunanya untuk melakukan hal yang positif.

Aplikasi kesan dibekali berbagai konten dan fitur seperti doa dan shalawat, kalender hijriah, arah kiblat, haji dan umrah, jadwal sholat, feed dan masih banyak lagi yang dapat mendukung aktivitas religi.

Al Quran Indonesia

Aplikasi ini merupakan Al Qur’an dengan terjemahan Bahasa Indonesia dan dilengkapi MP3 murottal. Anda bisa membaca Al Qur’an secara offline.

Al Quran Indonesia, dilengkapi dengan tajwid berwarna, penandaan bacaan terakhir dan fitur berbagi ayat yang bisa di-share ke sosial media.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga tersedia jadwal sholat, kalender hijrah dan arah kiblat. Tunggu apa lagi, Anda hanya tinggal mengunduhnya gratis.

Terakhir, aplikasi khusus ibadah Ramadan yang perlu Anda coba, yakni Umma

Umma adalah aplikasi ibadah yang mirip dengan sebelumnya, yakni menyediakan fitur waktu sholat dan petunjuk arah kiblat.

Keunggulannya lainnya, Anda juga dapat memperdalam ajaran agama lewat beragam artikel dan video siraman rohani dari para ustad. Konten yang ditampilkan dipersonalisasi sesuai ketertarikan pengguna.

Umma turut menyajikan konten khusus Ramadan dengan menampilkan bacaan, tips dan resep makanan untuk berbuka ataupun bersantap saur.

Agar makin seru, aplikasi ini menyediakan fitur untuk penggunanya berbagi kegiatan mereka sepanjang Ramadan.

Fitur ini akan mengumpulkan poin Anda, dan kemudia Anda dapat mendonasikannya dalam bentuk tunai ke lembaga amal yang dipilih.

Nah, itulah lima aplikasi khusus ibadah di bulan Ramadan yang bisa Anda unduh secara gratis. Sayangkan, jika Anda melewatkan pahala di bulan Ramadan 1440 Hijriah.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait