FOKUS

500 Juta Data Pengguna LinkedIn Bocor di Dunia Maya

JAKARTA (tandaseru.id) – Sebanyak 500 juta akun pengguna LinkedIn dilaporkan telah bocor dan dijual di forum hacker online yang berisi data profil.

Setelah beberapa waktu lalu terjadi kebocoran besar yang dialami oleh Facebook, kali ini Cybernews menyebut sebanyak 500 juta data profil LinkedIn telah dijual di forum peretas populer.

Adapun data yang telah bocor itu berisi informasi pengguna, seperti nama lengkap, alamat email, nomor telepon dan informasi tempat kerja lainnya.

Berdasarkan temuan Cybernews, Jumat (9/4) pelaku telah memasukan dua juta sampel. Bagi pengguna yang mau mengintip data tersebut, hacker telah menetapkan harga sekitar 2 dolar AS atau sekitar Rp29.000.

Pelaku juga melelang 500 juta data pengguna dengan harga yang cukup besar mencapai empat digit yang diyakini dalam  mata uang, Bitcoin.\

Tim Cybernews masih belum menemukan informasi yang sangat sensitif seperti detail kartu kredit ataupun dokumen yang berkaitan dengan hukum.

Pihak LinkedIn sendiri mengatakan bahwa data tersebut mencakup informasi dari banyak tempat dan sejumlah situs yang ada.

“Kami telah menyelidiki dugaan kumpulan data LinkedIn yang diunggah untuk dijual online. Kami menentukan, itu sebenarnya adalah kumpulan data dari sejumlah situs dan perusahaan,” ujar LinkedIn dalam pernyataannya.

Pihaknya juga mengungkap, data tersebut memang berisi informasi yang bersifat publik yang tertera di profil LinkedIn. Artinya LinkedIn menduga data yang diambil hanya mencakup infomasi yang bisa dilihat di halaman publik seseorang.

Sementara itu, pengawas Italia tengah menginvestigasi terkait temuan dugaan kebocoran data di LinkedIn. Untuk mengatasinya, pengguna disarankan berhati-hati dengan gelagat mencurigakan seperti permintaan koneksi dari orang asing.

Ada baiknya pengguna mengganti kata sandi email, akun LinkedIn atau mengaktifkan two-factor authentication di semua akun sosial media.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com