FOKUS

6 Cara Alami Turunkan Kolesterol Jahat, Coba Yuk!

Tandaseru – Sebagai pekerja kantoran, menjalani gaya hidup sehat memang agak sulit. Banyaknya aktivitas di kantor, seringkali memiliki pola makan sembarangan.

Dengan pola makan yang sembarangan bisa menjadi pemicu kolesterol. Dengan kadar kolesterol yang tinggi, tubuh jadi rentan berbagai penyakit. Mulai dari stroke, penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, hingga tekanan darah tinggi.

Jika kadar kolesterol sudah melebihi ambang batas (>200 mg/dL), Anda harus melakukan sesuatu untuk menurunkannya. Berikut ini cara menurunkan kolesterol!

Bahaya MSG 1

Kurangi makanan cepat saji

Bekerja di kantor seharian pasti membuat Anda lapar. Dorongan untuk segera memesan makanan cepat saji atau junk food sering menjadi andalan. Selain praktis, dan cepat tentjnya juga mengenyangkan.

Sayangnya, makanan ini menjadi pantangan bagi orang dengan kadar kolesterol tinggi. Junk food cenderung tinggi gula, garam, dan lemak jenuh.

Jika dikonsumsi sembarangan, berat badan Anda bisa naik tanpa kendali. Akibatnya, kenaikan berat badan ini juga memicu kadar kolesterol jahat melonjak naik.

Untuk itu Anda harus mengurangi makanan junk food. Sebagai gantinya, siapkan selalu camilan sehat yang bisa mengenyangkan perut, misalnya pisang dan apel.

Perbanyak konsumsi makanan berserat larut

Serat larut atau soluble fiber dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam pembuluh darah kita. Dilansir dari Health Line, zat tersebut mengandung bakteri baik bernama probiotik.

Dengan mengonsumsinya, kolesterol jahat akan menurun dengan cepat.  Lantas, makanan apa saja yang mengandung serat larut? Mulai dari apel, pir, jeruk, alpukat, oatmeal, biji-bijian, dan brokoli.

Perbanyak makan ikan

Ikan mengandung sumber protein dan lemak nabati yang baik dikonsumsi tubuh untuk mengurangi kadar kolesterol.

WebMD juga  menyarankan agar kita makan ikan setidaknya dua hingga empat kali dalam seminggu. Ini karena, kandungannya kaya akan lemak baik, omega 3, serta protein yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait