FOKUS

Akibat Covid-19, Dari Minum Vaksin Meninggal hingga Manusia Bertelur, Faktanya?

JAKARTA (tandaseru) – Banyak beredar informasi yang membawa kabar sejumlah kejadian akibat mewabahnya virus corona atau Covid-19. Berita atau video tersebut terkadang menyesatkan warga net.

Berita video seolah-olah kejadiannya benar terjadi. Seperti beredarnya sebuah video di salah satu channel Youtube ini dengan narasi yang mengklaim ada dua anak meninggal akibat vaksin virus corona baru di Guinea, Afrika Barat.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, klaim itu tidak benar adanya. Video tersebut sebenarnya menggambarkan laporan berita tentang anak-anak yang jatuh sakit pada Maret 2019 setelah menggunakan obat anti-parasit, bukan karena vaksin virus corona.

Ada juga kejadian di Indonesia, sebuah video di media sosial Facebook yang memperlihatkan seorang pasien sedang digotong oleh sejumlah petugas medis di salah satu rumah sakit.

Pengunggah dalam narasinya mengklaim pasien tersebut bertelur akibat adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). “Gara-gara PSBB manusia sampai Bertelur,Tanda sdh mulai KIAMAT…” demikian narasi yang menyertai video itu.

Faktanya, pasien dalam video itu bertelur karena adanya PSBB adalah tidak benar. Dikutip dari turnbackhoax.id video yang beredar tersebut merupakan video lama beberapa tahun sebelum PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diberlakukan pada tahun ini (2020).

Video itu terkait kasus penderita gangguan jiwa yang mengaku bertelur.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait