FOKUS

Aksi Demo Omnibus Law Sempat Rusuh, Kapolda Metro: Sudah Kondusif

JAKARTA (tandaseru) – Massa aksi demo tolak UU Omnibus Law Cipta Kerja telah seluruhnya membubarkan diri dari kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat. Saat ini, situasi dan kondisi sudah kondusif.

Meski begitu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana menyebut sempat ada kerusuhan sedikit saat menjelang malam. Massa aksi yang mayoritas pelajar tersebut melakukan pelemparan botol dan menembakan petasan ke arah aparat pengamanan.

“Alhamdulillah berjalan dengan tertib walaupun ada sedikit tadi, sedikit lempar-lemparan tetapi setelah kita sampaikan dengan komunikatif dan persuasif berjalan dengan lancar dan tertib,” kata Nana di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (20/10).

Saat ini, kata Nana, pihaknya bersama TNI akan terus mengawal dan mengamankan jalannya aksi demo agar tidak menimbulkan keresahan dan tetap menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Mereka menyampaikan aspirasi, kita kawal, kita amankan sehingga terjalin suasana seperti ini. Mungkin ke depan akan kita lanjutkan atau kita tingkatkan setiap aksi berjalan dengan tertib kemudian kondusif,” jelasnya.

Sebelumnya, kerusuhan aksi dalam menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di Patung Kuda Arjuna Wiwaha pada Selasa (20/10) sempat pecah. Para massa aksi sempat menembakan petasan dan melemparkan botol aqua ke arah pihak kepolisian.

Selain itu, massa aksi juga membakar ban sehingga menimbulkan asap yang mengepul didepan Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat.

Namun, aksi tidak berjalan lama setelah aparat TNI turun ke kerumunan massa dan menggiring massa untuk kembali pulang ke rumah masing-masing. Hal tersebut disambut baik massa dengan memeluk aparat TNI dan akhirnya membubarkan diri.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait