FOKUS

Aksi Unjuk Rasa di Jayapura, Kapolri: Sekitar 400 Orang Diamankan

Tandaseru – Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian mengungkapkan ada sekitar 400 orang diamankan kepolisian terkait aksi unjuk rasa yang berakhir ricuh di Jayapura, Papua pada Senin (23/9).

Kapolri mengatakan 400 orang yang ditahan tersebut masih dalam pemeriksaan dan akan dilepas jika tidak terbukti bersalah.

“Dari ke-400 orang ini akan diseleksi atau diperiksa, mana yang tersangka mana yang bukan,” ujar Tito di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta Pusat Selasa, (24/9)

Tito mengimbau kepada masyarakat Papua untuk tidak mudah terprovokasi oleh berita bohong atau hoaks di media sosial.

Aksi unjuk rasa di Jayapura berawal ketika ratusan mahasiswa eksodus-sebutan untuk mahasiswa Papua yang pulang dari tempat belajarnya di luar Papua- menduduki Universitas Cenderawasih untuk membuat posko penampungan.

Namun polisi mengklaim hal itu ditolak pihak rektorat dan mahasiswa Universitas Cenderawasih. Sebab, dinilai mengganggu proses belajar mengajar.

Pihak rektorat pun memanggil personel kepolisian untuk membubarkan kerumunan mahasiswa eksodus tersebut. “Rektorat langsung hubungi Kapolda Papua, Kapolda Papua langsung kirim pasukan untuk negosiasi,” ujar Karopenmas Brijen Dedi Prasetyo.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com