FOKUS

Cegah Pertengkaran, Cari Tahu Alasan Mertua dan Menantu Tidak Akur!

JAKARTA (tandaseru) – Mungkin Anda akan menjadi menantu sebentar lagi, untuk mencegah pertengkaran, ketahui dahulu alasan mertua dan menantu tidak akur!

Hal yang tidak mengejutkan jika ada hubungan menantu dan mertua yang tak baik, bahkan menurut psikolog Terri Apter dari Cambridge University, tiga dari empat pasangan menikah menunjukkan konflik signifikan dengan mertuanya.

Hubungan yang tak baik itu tentu disebabkan oleh banyak faktor. Dalam penelitian dan bukunya, Terri menjelaskan beberapa alasan umum yang jadi masalah antara menantu wanita dan mertuanya.

Biasanya akibat adanya keangkuhan, paksaan dan tidak menghormati batasan masing-masing. Jadi untuk menghindari hal itu, Anda perlu tahu alasan apa yang bisa buat hubungan antara menantu dengan mertuanya tidak harmonis.

Beberapa alasan mertua dan menantu tidak akur!

Memang ada banyak faktor, misalnya tekanan untuk memiliki anak, hal ini sering menjadi pemicu ketegangan antara menantu wanita dengan mertuanya.

Selain itu, saudara yang lebih tua mencoba ikut campur, bahkan memegang kendali dalam urusan rumah tangganya.

Ada pula karena mertua yang sok tahu, merasa dirinya paling benar dan ingin menampilkan kekuasaannya bahkan seolah dirinya yang mengendalikan pernikahan anaknya.

Bisa juga karena apa yang diyakini dan dipahami mertua tak sejalan dengan apa yang dipikirkan menantunya.

Mertua merasa menantunya kurang layak atau tidak baik untuk anaknya juga jadi faktor besar menjauhkan hubungan.

Segala masalah terkait perbedaan cara membesarkan anak, ini juga topik yang kerap jadi masalah. Perbedaan sifat atau karakter juga hal yang sering memicu pertengkaran.

Masalah keuangan seperti memberi atau meminjam uang serta tekanan untuk menyesuaikan pemahaman agama atau kepercayaan adat di keluarga tersebut.

Masalah-masalah di atas akan jauh lebih terasa ketika menantu dan mertua tinggal di rumah yang sama. Itulah alasannya kenapa sebaiknya saat sudah berumah tangga, Anda dan pasangan siap tinggal terpisah dengan orang tua.

Memang menyelesaikan setiap masalah bisa dilakukan dengan membicarakannya dengan baik dan bisa saling menghargai tapi apa salahnya untuk mencegah dengan tahu alasan mertua dan menantu tidak akur tersebut!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait