FOKUS

Alutsista Indonesia Tertinggal Jauh dari Negara Lain

JAKARTA (!) – Pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie menilai Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) Tentara Nasional Indonesia masih kurang dan tertinggal jauh dari negara lain.

Connie menyatakan, untuk dapat bersaing dengan perlengkapan yang dimiliki oleh pertahanan negara lain tergantung dari anggaran yang akan diterima oleh TNI.

“Masih Jauh sekali ya (Alutsista TNI). Semuanya tergantung pada anggaran pertahanan nanti,” kata dia dalam diskusi Polemik Trijaya FM di Warung Daun, Cikini Jakarta Pusat, Sabtu (09/12).

Connie menyebut strategi yang diungkapkan oleh Panglima TNI Hadi Tjahjanto dalam mengembangkan Alustsista merupakan kekuatan yang unik karena berbasis kepada efek.

“Ini diungkapkan oleh Pak Hadi kekuatan Berbasis efek. Ini menarik kan, biasanya pertahanan itu berbasis ancaman, nah ini kemudian Pak Hadi datang dengan ide berbasis efek,” imbuhnya.

Selain itu, Connie juga menyatakan yang menjadikan Alutsista TNI lemah adalah adanya embargo oleh Amerika Serikat.

“Rencana kita beli Shukoi (jet temput) misalnya, karena kemungkinan F16 kita di embargo AS. Kalau kita diembargo, sekarang harus dicari jalan keluarnya,” pungkas Connie.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait