Pemprov DKI Bantu Ditlantas Polda Metro Tambah 45 Kamera e-TLE

Tandaseru – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membantu Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dalam pengadaan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) di kawasan Ibukota.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir mengatakan, Pemprov DKI setuju menambah 45 kamera dengan total anggaran Rp 38 miliar. Kamera ETLE tambahan tersebut diharapkan terpasang dan beroperasi pada akhir 2019.

“Disetujui Rp 38 miliar dengan proyeksi 57 titik kamera (45 kamera ETLE tambahan dan 12 kamera ETLE yang telah terpasang di kawasan Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin),” kata Nasir saat dikonfirmasi, Minggu (13/10).

Nasir mengungkapkan, Polda Metro Jaya sebelumnya mengajukan pemasangan 81 kamera tilang elektronik kepada Pemprov DKI Jakarta. Namun, Pemprov DKI hanya menyetujui pemasangan 57 kamera.

“Kita ajukan sekitar Rp 60 miliar (ke Pemprov DKI) untuk proyeksi 81 titik kamera,” ungkap Nasir.

Penambahan kamera ETLE tersebut meliputi:
1. Sebanyak 18 titik dari kawasan Kota Tua hingga Blok M
2. Sebanyak 8 titik dari kawasan Grogol hingga Pancoran
3. Sebanyak 8 titik dari kawasan Halim Perdana Kusuma hingga Cempaka Putih
4. Sebanyak 11 titik dari Jalan HR Rasuna Said hingga Jalam Prof Dr Satrio

Seperti diketahui, 12 kamera ETLE telah dipasang di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin telah dilengkapi fitur canggih. Penerapan kamera dengan fitur terbaru itu mulai diberlakukan sejak 1 Juli 2019.

Kamera yang dipasang terdiri dari tiga jenis kamera, yakni ANPR (Automatic Number Plate Recognition) yang dapat mendeteksi jenis pelanggaran marka dan lampu lalu lintas.

Jenis kamera kedua adalah kamera check point yang dapat mendeteksi jenis pelanggaran ganjil genap, tidak menggunakan sabuk keselamatan, dan penggunaan ponsel oleh pengemudi mobil.

Sementara itu, jenis kamera yang terakhir adalah kamera speed radar yang dikoneksikan dengan kamera check point untuk mendeteksi kecepatan kendaraan yang melintas.

Electronic Traffic Law EnforcementElte
Comments (1)
Add Comment
  • หวยลาว

    … [Trackback]

    […] Find More on to that Topic: tandaseru.id/2019/10/13/pemprov-dki-bantu-ditlantas-polda-metro-tambah-45-kamera-e-tle/ […]