FOKUS

Anak Nia Daniaty Tersangka, Pengacara: Mantan Guru Juga Terlibat Penipuan CPNS

JAKARTA (tandaseru.id) – Anak penyanyi Nia Daniaty, Olivia Nathania telah ditetapkan sebagai tersangka penipuan CPNS. Mantan gurunya, yang merupakan sebagai pelapor yakni Agustin disebut ikut terlibat dalam kasus ini.

Pengacara Olivia, Susanti menegaskan jika Agustin terlibat dalam proses perekrutan CPNS fiktif tersebut. Dia meminta yang bersangkutan juga ditetapkan sebagai tersangka.

“Oi tersangka, turut sertanya adalah ibu Agustin. Kenapa? Karena fakta-fakta hukum, fakta-fakta otentik banyak yang dilakukan ibu Agustin,” kata Susanti saat dihubungi, Kamis (11/11).

Agustin, kata Susanti, merupakan sosok yang melakukan perekrutan dalam CPNS fiktif tersebut. Susanti menyebut para korban rata-rata mengenal Agustin terlebih dahulu sebelum diserahkan ke Olivia.

“Iya turut serta, ini jelas ikut sertanya ibu Agustin ini jelas nyata ga bisa. Kalo OI tersangka ibu Agustin wajib tersangka,” ucapnya.

Dia membeberkan bukti-bukti kuat yang memperlihatkan jika Agustin terlibat dalam kasus tersebut. Salah satunya adalah pesan singkat ke sebuah grup WhatsApp terkait adanya penerimaan CPNS.

“Jadi ada percakapan Ibu Agustin mengatakan di grup ya, Bu Agustin ngomongnya pada tanggal 1 Februari 2021 ada daftar nama CPNS. Nah itu kan nggak kebuka tuh, isinya ‘Assalamualaikum wr wb selamat malam semua bagi teman-teman yang namanya ada di atas dimohon hadir pada hari Rabu 3 Februari 2021 jam 15.30 tempat Nikara Residence Jalan Ampera Raya Ragunan, Pasar Minggu, Jaksel. Ini CPNS di luar Jabodetabek, untuk Jabodetabek akan segera menyusul’ ini chatting-an dia” bebernya.

Selain itu, Agustin juga kembali mengirim pesan kepada para korban untuk segera mengundurkan diri dari pekerjaannya karena proses rekrutmen sudah mau selesai.

“Ada lagi Bu Agustin lagi tanggal 24 Februari, ‘Assalamualaikum informasikan kepada teman-teman yang saat ini masih bekerja di swasta mohon di akhir Februari untuk mengurus pengunduran dirinya karena setelah pelantikan di bulan Maret teman-teman langsung orientasi ke dinasnya masing-masing dan langsung bekerja. Terima Kasih wassalam’ Berarti aktif banget kan ini Bu Agustin,” ungkapnya.

Sebelumnya diketahui, Olivia dan suaminya Raf dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada Jumat (24/9) lalu. Dia dilaporkan atas kasus dugaan penipuan bermodus rekruitment CPNS.

Laporan ini teregistrasi dengan Nomor: LP/B/4728/IX/SPKT/POLDA METRO JAYA, tertanggal 23 September 2021. Olivia dan Raf dipersangkakan dengan Pasal 378 dan atau Pasal 372 dan atau Pasal 263 KUHP.

Dalam hal ini, ada 225 orang yang menjadi korban penipuan Olivia dan Raf. Total kerugian dari kasus penipuan ini disebutnya mencapai angka Rp9,7 miliar.

“Ini ada 225 orang ditipu dengan jumlah kerugian ditaksir mencapai R9,7 miliar lebih,” kata Odie di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (24/9).

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com