FOKUS

Nyanyi Yuk! Perbaiki Kesehatan Mental Dengan Bernyanyi

JAKARTA (tandaseru) – Banyak orang yang sangat menyukai bernyanyi, karena bernyanyi itu dapat mengekspresikan perasaan hati seseorang. Ada berbagai manfaat bernyanyi, salah satunya adalah manfaat bernyanyi untuk kesehatan mental.

Bukan hanya lirik lagu atu melodinya saja yang bagus, terkadang bernyanyi juga sangat mewakili perasaan si penyanyi, baik itu senang atau sedih.

Bernyanyi tidak harus mempunyai suara yang merdu, yang suaranya pas-pasan pun sangat boleh untuk bernyanyi.

Dengan menyanyi akan memperbaiki suasana hati. Simak yuk penejelasan para ahli tentang manfaat menyanyi.

Inilah berbagai manfaat bernyanyi untuk kesehatan mental

Membuat hati menjadi lega

Pada 2017, pernah diadakan sebuah penelitian tentang bernyanyi. Bernyanyi yang dilakukan secara berkelompok ternyata mampu membuat perasaan menjadi lebih bahagia.

Objek penelitiannya adalah sekelompok orang yang mempunyai gangguan kecemasan. Setiap minggu, kelompok ini rutin bernyanyi bersama.

Sudah pasti tidak semuanya memiliki suara yang merdu dan pandai bernyanyi. Hasilnya pun menunjukkan hal positif, yakni perasaan semua anggota menjadi bagus dan bisa bersosialisasi kembali.

Mempunyai efek menyerupai yoga

Peneliti dari Sahlgrenska Academy di Universitas Gothenburg Swedia mengungkapkan bahwa manfaat bernyanyi sama dengan manfaat meditasi yoga.

Hal ini didasarkan pada objek penelitian yaitu detak jantung anak-anak remaja yang tergabung dalam kelompok pasuan suara.

Hasilnya adalah saat mulai bernyanyi, detak jantung mulai melambat kemudian secara bertahap mulai menujukkan sinkronisasi.

Sinkronisasi yang dimaksud adalah detak jantung setiap anggota paduan suara itu berdetak sesuai dengan tempo lagu. Tentu ini sangat bagus untuk kesehatan, terutama kesehatan jantung dan juga tekanan darah.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait