FOKUS

Anies Geram dua Perusahaan Langgar PPKM Darurat, Polda Metro Selidiki Unsur Pidana

JAKARTA (tandaseru.id) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemukan sejumlah perusahaan diduga non esensial dan kritikal yang masih membandel di masa PPKM Darurat yang masih menerapkan work from office (WFO).

Sebagaimana yang di unggah dalam akun instagram @aniesbaswedan pada Selasa (6/7). Ada dua kantor yang disambangi yaitu PT Ray White Indonesia, dan PT Equity Life Indonesia.

Terkait itu, Polda Metro Jaya saat ini tengah mempelajari apakah adanya unsur pidana yang dilanggar oleh kedua perusahaan tersebut dengan memeriksa saksi ahli.

“Kita lagi periksa dulu terpenuhi atau tidak unsur itunya untuk disidik. Yang jelas nanti kita periksa ahlinya dulu apakah dia masuk esensial atau tidak. Kalau misalnya dia masih non esensial non kritikal masih buka kan salah itu,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat, Selasa (6/7).

Tubagus menerangkan, pihaknya sedang mengumpulkan bukti-bukti terlebih dahulu. Salah satunya dengan memeriksa HRD dan beberapa pihak perusahaan terkait.

“Sedang diperiksa di Polda Jaya. Kita mintai keterangan beberapa saksi sesuai dengan kapasitasnya. yang kita dapatkan pada saat di sana. manajernya lah itu apa HRD-nya kalau tidak salah,” ujar dia.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya mengingatkan kepada perusahaan non esensial dan non kritikal khususnya di Ibu Kota untuk menerapkan sistem work from home (WFH) kepada karyawannya sesuai dengan aturan PPKM Darurat Jawa-Bali.

Jika tidak, pihak kepolisian tidak akan segan-segan memberikan sanksi pidana terhadap perusahaan yang tidak menjalankan aturan.

Berdasar aturan PPKM Darurat, sektor perkantoran non-esensial dan non-kritikal 100 persen wajib berkerja dari rumah atau work form home (WFH).

Jika tidak, maka hal itu masuk dalam kategori tindak pidana menghalang-halangi penanggulangan wabah sebagaimana diatur dalam Pasal 14 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com