Anjungan Dukcapil Mandiri Bisa Cetak KTP-el Kurang Dua Menit

Tandaseru – Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bukan cuma berlari tapi terus meloncat dari lompatan satu ke lompatan lainnya.

Setelah meluncurkan Dukcapil Go Digital yang ditandai perubahan paradigma kerja manual ke digital, kini Ditjen Dukcapil berinovasi dengan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

ADM merupakan mesin pencetak dokumen kependudukan mulai dari Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), akta lahir dan akta mati. Bentuknya tak ubahnya mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang dikenal lama oleh sektor Perbankan.

“Alhamdulillah, setelah berulang gagal dalam uji coba. Akhirnya sekarang berhasil dalam tanda petik memindahkan sebagian pegawai, alat alat dan kantor menuju satu aplikasi dalam mesin,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri Prof. Zudan Arif Fakrulloh di kantor Ditjen Dukcapil Kalibata, Jakarta, Jumat (15/11).

Zudan menjelaskan, dengan adanya ADM ragam pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) semakin mudah dan cepat. Masyarakat yang membutuhkan dokumen kependudukan bisa langsung ke kantor Dukcapil, mengurus secara online, dan sekarang melalui mesin ADM.

“Inovasi ini dirancang khusus agar masyarakat bisa mencetak dokumen dengan cepat, mudah, gratis dan berstandar sama tanpa diskriminasi. Melalui ADM, kita bisa mencetak sendiri KTP-el, KIA, akta lahir, kartu keluarga, akta mati,” ungkapnya.

Zudan memaparkan, sistem bekerja dengan pengamanan NIK, PIN dan QR Code. Mesin ADM ini akan kita masukkan dalam e-catalog. Ditargetkan tahun ini sudah dapat diimpelementasikan di berbagai daerah.

“Sejauh ini daerah sudah banyak yang mau beli. Saya yakin kepala daerah yang ingin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pasti butuh,” ungkapnya.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait