FOKUS

Arti dan Ketentuan PSBB yang Beda Dengan Lockdown!

JAKARTA (tandaseru) – Mungkin Anda masih asing dengan istilah PSBB, sebenarnya apa itu PSBB dan apakah ada perbedaan dengan menerapkan sistem lockdown?

PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi Covid-19 sebagai bentuk pencegahan penyebarannya.

Apa itu PSBB dan seperti apa kriterianya?

PSBB dilakukan selama masa inkubasi terpanjang, yaitu 14 hari. Jika masih ada bukti penyebaran berupa adanya kasus baru, maka bisa diperpanjang dalam masa 14 hari sejak ditemukannya kasus terakhir.

Hal tersebut diatur berdasarkan PP Nomor 21 Tahun 2020. PSBB Corona dikeluarkan langsung oleh Menteri Kesehatan dengan sejumlah kriteria yang perlu dipenuhi oleh wilayah yang mengajukan status tersebut.

Untuk kriteria pertama adalah jumlah kasus positif dan kematian yang menyebar cepat. Lalu keterkaitan epidimologis yang serupa dengan wilayah atau negara terdampak yang harus menyertakan data lengkap dengan kurva epidemiologi.

Kriteria lainnya kepala daerah yang mengajukan harus menyampaikan informasi mengenai kesiapan daerah tentang aspek ketersediaan kebutuhan hidup dasar rakyat, sarana dan prasarana kesehatan, anggaran dan operasionalisasi jaring pengaman sosial, dan aspek keamanan.

PSBB dikatakan berbeda dengan lockdown atau karantina wilayah, tapi sifatnya masih lebih ketat dibanding imbauan jaga jarak sosial atau physical distancing.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait