FOKUS

AS-China Tegang, Australia Gabung Latihan Militer di Samudera Hindia

SYDNEY (Tandaseru) – Australia dikabarkan siap bergabung dengan India, Amerika Serikat (AS), dan Jepang dalam latihan angkatan laut Malabar di Samudera Hindia bulan depan.

Latihan ini dinilai sebagai sebuah langkah yang diharapkan dapat memperkuat hubungan militer antara empat negara demokrasi di tengah meningkatnya ketegangan dengan China.

Dilakukan setiap tahun sejak 1992, manuver tersebut telah berkembang dalam ukuran dan kompleksitas dalam beberapa tahun terakhir untuk mengatasi apa yang sebelumnya digambarkan Angkatan Laut AS sebagai berbagai ancaman bersama terhadap keamanan maritim di Indo-Asia Pasifik.

Kementerian pertahanan Australia dan India mengumumkan perluasan latihan, yang telah lama berspekulasi, pada Senin malam.

Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds mengatakan latihan Malabar adalah kunci untuk meningkatkan kemampuan maritim Australia, dan menunjukkan kepercayaan yang dalam antara empat negara demokrasi Indo-Pasifik utama dan keinginan bersama mereka untuk bekerja sama dalam kepentingan keamanan bersama.

Sedangkan dalam sebuah pernyataan hari Senin, Kementerian Pertahanan India mengatakan keempat peserta secara kolektif mendukung Indo-Pasifik yang bebas, terbuka dan inklusif dan tetap berkomitmen pada tatanan internasional berbasis aturan.

Keikutsertaan Australia berarti bahwa keempat anggota yang disebut Quad akan berpartisipasi dalam latihan untuk pertama kalinya sejak 2007.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait