FOKUS

AS Hapus Sudan dari Daftar Negara Teroris Usai Terima 335 Juta Dolar AS

WASHINGTON (Tandaseru) – Amerika Serikat memastikan telah menghapus nama Sudan dari daftar negara pendukung terorisme.

Pernyataan tersebut diklaim disampaikan langsung oleh Presiden Donald Trump. Penghapusan tersebut dilakukan usai Sudan sepakat membayar kompensasi pada warga AS yang menjadi korban serangan teroris sebesar 335 juta dolar AS.

Pada Selasa (20/10), salah seorang pejabat pemerintah AS mengatakan langkah itu juga dapat mendorong Sudan membangun hubungan diplomatik dengan Israel, langkah yang telah ditempuh Uni Emirat Arab dan Bahrain dalam perjanjian yang ditengahi oleh AS.

Sumber tersebut mengatakan detail kesepakatan dengan Sudan masih dikerjakan. Trump tidak menyinggung Israel dalam pengumumannya mengenai Sudan.

“Berita bagus! Pemerintah baru Sudan, yang membuat progres hebat, sepakat membayar warga AS korban serangan teror sebesar 335 juta dolar AS, setelah disetorkan saya akan menghapus Sudan dari daftar negara pendukung teroris,” kata Trump.

Sumber pemerintah Sudan mengatakan Khartoum sudah siap membayar kompensasi ke korban-korban pengeboman Kedutaan Besar AS.

“Terima kasih banyak, Presiden Trump, kami sangat menantikan notifikasi resmi Anda ke Kongres untuk membatalkan penunjukkan Sudan sebagai negara pendukung teroris,” cicit Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok.

Kesepakatan antara negara-negara Arab dengan Israel yang ditengahi AS akan menjadi prestasi terbesar Trump sebelum pemilihan presiden 3 November mendatang. Sudan masuk daftar negara pendukung terorisme saat masih dikuasai diktator Omar al-Bashir.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait