FOKUS

AS Kembali Tuduh Iran Jadi Negara Sponsor Utama Terorisme

NEW YORK (Tandaseru) – Amerika Serikat (AS) terus menuding Iran sebagai negara nomor satu yang memberi sponsor penuh terhadap aksi terorisme.

Tudingan itu disampaikan AS saat berupaya memperpanjang embargo senjata internasional terhadap Iran, yang saat ini sedang dibahas di Dewan Keamanan (DK) PBB.

“Kami akan melakukan segala yang kami bisa melalui perangkat diplomatik kami untuk memastikan bahwa embargo senjata tidak berakhir,” kata Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Jumat (14/8).

Pompeo mengatakan Iran juga harus memberikan kerja sama penuh dan segera dengan pengawas nuklir Badan Energi Atom Internasional.

“Tidak masuk akal untuk mengizinkan negara sponsor terorisme terbesar di dunia untuk membeli dan menjual sistem senjata. Menurut saya itu gila,” kata Pompeo.

Beberapa diplomat mengatakan upaya untuk memperpanjang larangan itu pasti akan gagal dan membuat kesepakatan nuklir yang sudah rapuh antara Teheran dan kekuatan dunia semakin berisiko. Pompeo mengatakan dia mendesak seluruh dunia untuk mendukung sikap AS.

“Pemungutan suara akan dilakukan dalam beberapa jam ke depan dan kami berharap kami akan sukses. Ketika kami melihat hasilnya, kami akan membuat keputusan tentang bagaimana untuk bergerak maju,” ujar dia.

“Kami tidak ambigu tentang fakta bahwa kami tidak berniat membiarkan embargo senjata ini berakhir. Tidak ada sama sekali.”

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait