FOKUS

Bongkar Redaksi, Astri Megatari Sebut Rating & Share Berkuasa!

JAKARTA (tandaseru) – Bicara soal media, tak lengkap jika tidak membicarakan rahasia di balik proses pemberitaan. Astri Megatari bongkar rahasia redaksi di Nasional Is Me!

Sebelum berita disiarkan ke publik, ada proses yang terjadi di meja redaksi atau newsroom. Terkait era post truth, Astri mencoba membocorkan sedikit apa yang sempat ia alami selama berada di balik meja redaksi tersebut.

Astri Megatari bongkar rahasia redaksi?

Ternyata ada proses panjang yang dilalui seorang jurnalis untuk sampai beritanya bisa disiarkan, belum lagi soal rating dan share yang sangat menguasai bahkan mampu mengatur berita apa saja yang bisa disiarkan dan tidak.

“Saat kalian terjun langsung ke media, entah itu di newsroom atau di redaksi, setiap selesai on air biasanya akan ada rapat budgeting, rapat itu mengevaluasi tayang sehari sebelumnya,” tutur Astri di Lecture Theatre, Universitas Multimedia Nusantara pada acara Nasional Is Me Senin, (2/3).

Tandaseru/AjengTR

Bahkan semua produser yang ada dalam redaksi, harus paham berita mana yang menjual untuk diangkat dan mana yang tidak menjual untuk diangkat sesuai dengan rating dan share.

“disitu produser akan dipaparkan rating dan share A.C Nielsen minute by minute, mana segmen yang ratingnya tinggi dan rendah,” tutur Astri di Lecture Theatre, Universitas Multimedia Nusantara Senin, (2/3).

Astri juga menuturkan jika semua berita yang tayang harus mengikuti kebutuhan rating dan share yang ada, bahkan terkadang jurnalis jadi merasa dilema, mana berita yang jadi prioritas dan mana yang tidak.

“Misal segmen yang membahas Corona ratingnya naik, tapi waktu kita bahas banjir di Kalimantan turun, berarti yang harus dilakukan kita harus banyakin berita soal Corona, sedangkan banjir di Kalimantan tidak perlu di bahas,” tambahnya

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait