FOKUS

Badan Geologi Sebut Kerusakan Cekungan Air Tanah di Jakarta Parah

Tandaseru – Kepala Pusat Air Tanah Dan Geologi Tata Lingkungan, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Andiani mengatakan kerusakan pada Cekungan Air Tanah (CAT) terjadi di Jakarta.

Karena itu,sebaiknya tidak lagi menerbitkan atau mengeluarkan izin eksploitasi di lokasi yang sudah rusak agar kerusakannya tidak bertambah parah.

“Untuk memperbaiki kerusakan CAT Jakarta dan Provinsi-Provinsi lain yang mengalami krisis air tanah, Badan Geologi Kementerian ESDM telah membentuk Balai Konservasi Air Tanah untuk fokus bertugas memperbaiki CAT yang ada. Balai Konservasi Air Tanah yang di Jakarta itu sudah didirikan sejak tahun 2014,” ujar Andiani, kemarin di Jakarta.

Balai Konservasi Air Tanah di Jakarta sudah melakukan pemantauan kualitas, kuantitas, pengukuran kedudukan muka air, dan pengukuran penurunan muka tanah.

“Rekan-rekan juga mengumpulkan semua stakeholder untuk duduk bersama, menceritakan kondisi air tanah yang ada dan untuk merubah kebijakan pengelolaan air tanah yang ada,” lanjut Andiani.

Andiani menginformasikan Badan Geologi telah menyerahkan Peta CAT Provinsi DKI Jakarta kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) untuk dijadikan dasar dalam pembentukan tata ruang.

“Jadi kedepannya itu, kalau orang mau berinvestasi baru akan melihat-lihat dahulu tata ruang kemudian kondisi air tanah sebelum berinvestasi dan diharapkan dapat dijadikan pertimbangan,” jelas Andiani.

 

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait