FOKUS

Banjir Landa di Sejumlah Kecamatan di Sulawesi Tengah, Ribuan Rumah Terendam

JAKARTA (tandaseru) – Sedikitnya 350 KK yang rumahnya terendam banjir bandang yang melanda dua kecamatan di Kabupaten Toli-Toli, Provinsi Sulawesi Tengah pada Kamis sore (15/10) pukul 17.30 WITA mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Banjir yang diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi selama 2 jam tersebut merendam pemukiman warga di Desa Silondou di Kecamatan Basindondo dan Desa Janja di Kecamatan Lampasio dengan Tinggi Muka Air (TMA) berkisar antara 70 cm sampai dengan 150 cm. Sementara desa lain yang juga kemungkinan terdampak masih dalam pendataan.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toli-Toli masih melakukan upaya untuk menjangkau lokasi kejadian, dikarenakan jembatan untuk akses jalan terancam ambruk.

Sulteng

Sementara itu, Sekitar 995 rumah warga di Kecamatan Benawa Tengah, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, terendam banjir. Kejadian ini dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi pada Kamis sore (15/10).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Donggala melaporkan hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan debit air Sungai Powelua meluap. Banjir terjadi pada Kamis sekitar pukul 17.30 waktu setempat.

Rumah warga yang tergenang berada di lima desa di Kecamatan tersebut, yakni Desa Lumbudolo, Kola-Kola, Limboro, Mekar Baru dan Towale.

Selain menggenangi rumah warga, banjir mengakibatkan 1 unit jembatan penghubung antar desa Kola-Kola dan Lumbudolo mengalami kerusakan. Sedangkan genangan, tiinggi muka air teramati sekitar 50 hingga 150 cm.

Merespon peristiwa ini, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Donggala segera melakukan kaji cepat. Tim juga melakukan evakuasi warga terdampak. Untuk mengoptimalkan penanganan darurat, BPBD setempat bekerja sama dengan dinas-dinas terkait.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait